ADVERTISEMENT

Bikin Nyaman, Pendukung Jokowi Banyak Beralih Dukung Prabowo

Kamis, 7 September 2023 16:30 WIB

Share
Prabowo Subianto banyak didukung pendukung Jokowi. Foto: Instagram.
Prabowo Subianto banyak didukung pendukung Jokowi. Foto: Instagram.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Prabowo Subianto merupakan figur calon presiden (capres) yang mempunyai kapabilitas memimpin yang sangat mumpuni. Atas dasar itulah, tak sedikit pendukung maupun relawan Jokowi yang beralih mendukung Prabowo untuk Pilpres 2024. 

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN), Gema Nusantara Bakry menjelaskan saat ini sudah banyak relawan hingga kader PDIP yang berbondong-bondong melabuhkan dukungannya kepada Prabowo. Menteri andalan Presiden Jokowi ini mampu menjadi magnet berbagai dukungan.

“Banyaknya kader PDIP yang bermigrasi mendukung Pak Prabowo karena merasa lebih nyaman di bawah komando Pak Prabowo,” kata Gema. 

Selain itu, Gema menuturkan faktor lainnya yakni adanya perbedaan sikap dari Prabowo dan Megawati. Menurut Gema, para kader PDIP menilai Megawati cenderung tidak egaliter dan kaku dalam melakukan manuver politik jelang Pilpres 2024. 

“Berbeda dengan sikap Megawati yang cenderung kurang egaliter, sehingga tidak ada keluwesan dalam berpolitik di bawah bendera PDIP,” lanjut Gema. 

Sebelumnya, banyak kader dan kombatan PDIP yang sudah memberikan dukungannya kepada Prabowo. Dua nama yang sudah terang-terangan yakni Effendi Simbolon dan Budiman Sudjatmiko. 

Banyaknya kader PDIP yang beralih mendukung Prabowo makin diperkuat dengan hasil survei yang dilakukan oleh LSN periode 14 – 24 Agustus 2023. Berdasarkan hasil survei LSN tersebut, grafik pemilih PDIP terhadap Prabowo cenderung mengalami kenaikan. 

Bermula dari November 2022, kala itu Prabowo hanya mendapatkan dukungan sebesar 21,8 persen. Lalu menguat di Maret 2023 dengan persentase 25,7, kemudian kembali naik menjadi 32,5 persen pada Juni 2023. 

Angka dukungan itu semakin menguat pada Juli 2023 dengan total 38,8 persen dan puncaknya pada Agustus 2023 dengan jumlah dukungan mencapai 39,1 persen.

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT