ADVERTISEMENT

Analis Menduga ada Tangan-Tangan yang Sedang Merancang Kudeta Cak Imin dari Ketua Umum PKB

Kamis, 7 September 2023 14:16 WIB

Share
Abdul Muhaimin Iskandar. (ist)
Abdul Muhaimin Iskandar. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Analis politik Universitas Nasional (Unas), Selamat Ginting menyebut adanya potensial dikudeta tangan-tangan kekuasaan setelah bergabungnya Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan Koalisi Perubahan yang mengusung bakal calon presiden Anies Baswedan.

Bahkan Ginting menduga ada tangan-tangan yang tidak kentara yang sedang merancang kudeta terhadap Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

“Saya menduga ada tangan tak kentara (invisible hand) sedang merancang kudeta terhadap Cak Imin sebagai ketua umum PKB terkait Pilpres 2024,” kata analis Ginting di Jakarta, Kamis (7/9)

Ia melihat, beralihnya posisi PKB yang pada awalmya mendukung Prabowo Subianto dan juga menjadi mendukung Anies Baswedan merupakan keputusan berani dan mengandung risiko politik tinggi bagi Cak Imin. Apalagi, dikatakan Ginting, publik membaca Jokowi sebagai king maker dari koalisi pendukung Prabowo.

“Saya menduga akan ada intervensi secara sembunyi-sembunyi terhadap PKB. Salah satunya Cak Imin akan digulingkan sebagai ketum PKB, karena dianggap berada di kubu oposisi dalam pilpres,” ujarnya.

Terlebih, kata Ginting, konflik PKB pada 2008-2010 kembali mencuat setelah Cak Imin dideklarasikan sebagai bakal cawapres berpasangan dengan bakal capres Anies Baswedan. Terutama perseteruan terbuka antara Cak Imin dengan putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid).

Menurut Ginting, pada era itu ramai pemberitaan tentang desas desus hubungan spesial Yanny Wahid dengan SHW. SHW dituding kubu Cak Imin sebagai otak dari konflik di PKB, apalagi SHW baru saja hengkang dari Golkar ke PKB.

Sampai Lilik Wahid, adik kandung Gus Dur, juga menyarankan agar Yenny tidak menjalin hubungan spesial dengan SHW.

"Namun SHW membantah hubungan spesial itu, dia mengaku hanya berteman biasa dengan Yenny,” ungkapnya.

Belakangan, diungkapkan Ginting , SHW divonis 15 tahun penjara, karena kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnain. SHW didakwa bersama WW dan AA terlibat dalam pembunuhan itu.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT