JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mitsubishi telah meluncurkan SUV kecil baru untuk negara-negara Asia Tenggara yang, jika perbaikan struktural dan teknologi yang mahal diprioritaskan, dapat menggantikan ASX di Australia.
Seperti yang dilaporkan laman Drive sebelumnya, Mitsubishi berpacu dengan waktu untuk menemukan penerus SUV kecil ASX yang sekarang berusia 13 tahun, lebih dari dua kali usia mobil konvensional sebelum digantikan oleh model baru di Australia sebelum saat ini. model sampai akhir baris.
Di antara opsi yang sedang dipertimbangkan oleh kantor pusat Mitsubishi di Jepang adalah model SUV kecil baru tanpa nama yang akan datang ke negara-negara di kawasan ASEAN, termasuk 10 negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Vietnam, Indonesia, Malaysia, dan Filipina.
Diluncurkan di Indonesia minggu ini dam akan dibangun akhir tahun ini, didasarkan pada konsep Mitsubishi XFC yang diluncurkan tahun lalu dan berbagi platformnya dengan Xpander yang dijual oleh pengemudi di Asia.
Tapi itu dirancang untuk pasar dengan standar keselamatan yang lebih rendah, dan Mitsubishi Australia mengatakan akan membutuhkan peningkatan keselamatan yang mahal sebelum diperkenalkan secara lokal untuk mencapai peringkat keselamatan bintang lima.
Dalam bentuknya saat ini, Mitsubishi memperkirakan bahwa mobil tersebut hanya akan dapat memperoleh skor tiga bintang pada tes ANCAP, yang akan menghapusnya dari armada kendaraan perusahaan yang mengklaim bintang lima dan peringkat tertinggi pembeli keluarga.
"XFC dalam bentuknya saat ini tidak dapat digunakan karena persyaratan ANCAP," kata CEO Mitsubishi Australia Shaun Westcott dalam konferensi pers di Australia pekan lalu.
“Jika kami menggunakan platform XFC, kami harus mendesain ulang kendaraan sepenuhnya untuk pasar Australia, karena persyaratan ANCAP tidak diwajibkan oleh pasar lain di mana kami akan menjual kendaraan tersebut."
"Jika Anda mengambil angka - 15.000 hingga 20.000 (penjualan tahunan untuk ASX baru) dan investasi dalam peralatan dan biaya rekayasa ulang untuk mendesain ulang mobil sesuai persyaratan ANCAP akan mencapai jutaan dolar, untuk dapat menjual 20.000 mobil setahun? Jumlahnya tidak bertambah."
Wakil Presiden Pengembangan Produk Global Mitsubishi, Hiroshi Nagaoka, mengatakan pada konferensi pers di Australia, "Konsep XFC... Berdasarkan platform Xpander saat ini, sepenuhnya fokus pada pasar ASEAN dan beberapa negara lain, bukan Australia, Selandia Baru, atau negara maju tersebut. Sejujurnya, beberapa perangkat, peralatan listrik, arsitektur (listrik), dll, tidak cukup untuk mematuhi peraturan Australia."
"Jika kita ingin mematuhi peraturan Australia atau negara lain seperti AS atau Eropa, kita harus memodifikasi komponen ini secara signifikan atau bahkan arsitekturnya sendiri. Itulah mengapa agak sulit menerapkan peraturan Australia."
Opsi 'spektrum' untuk menggantikan ASX di Australia telah dipesan oleh versi Australia dari SUV kompak baru untuk pasar Asia dan versi perbaikan dari SUV kota Renault Captur akan dijual di Australia Eropa sebagai Mitsubishi baru ASX.
"Fakta bahwa XFC dikembangkan pada platform yang sudah ada tidak lagi memenuhi persyaratan ANCAP saat ini. XFC akan memenuhi persyaratan ANCAP dari beberapa tahun lalu, tetapi tidak lagi memenuhi persyaratan saat ini," kata Mr. Westcott.
"Itu bukan untuk mengatakan bahwa XFC sama sekali tidak relevan, karena ... kita dapat mengatakan 'ini adalah produk yang cukup penting untuk pasar kami' jadi kami melakukan investasi itu, bahkan jika mereka sia-sia di pasar lain untuk mendapatkan produk pasar. Australia."
Eksekutif Mitsubishi mengatakan kepada media Australia bahwa keputusan tentang bagaimana mengganti ASX dapat dibuat dan diumumkan sebelum akhir tahun. "Saya ingin memperkenalkan ASX (baru) ke Australia," kata CEO Mitsubishi Global Takao Kato kepada media.
Tuan Westcott menambahkan, "Memiliki pengganti ASX sangat penting bagi kami dan kami berjuang, memohon, menangis, melakukan segala yang kami bisa untuk menemukan pengganti ASX."
"Kenyataannya adalah, dan Anda mendengarnya sendiri dari Kato-san, perusahaan induk kami memahami pentingnya produk itu bagi kami dan bekerja sangat keras untuk mendapatkan kendaraan bagi kami."
“Masalahnya adalah jawabannya tidak sederhana, ini adalah masalah yang rumit. Dan ada sejumlah opsi di atas meja yang dapat dipertimbangkan, dan dua di antaranya disebutkan oleh (media): Renault Captur mengubah nama versi Eropa, dan konsep XFC. Itu adalah penahan buku. Apa yang tidak terjadi hari ini adalah dua hal yang mutlak, ini bukan hitam dan putih, ini atau itu. Ada berbagai pilihan di dalamnya."
"Anda mendengar Kato-san berbicara tentang Mitsubishi-ness, keinginan agar produk kami memiliki karakter Mitsubishi yang khas ... Di antara ekstrem tersebut ada beberapa opsi juga, yang mungkin merupakan jenis platform kendaraan Renault dengan banyak Mitsubishi-ness , atau platform Renault dengan sedikit Mitsubishi-ness."
Model small SUV yang diluncurkan di Indonesia ini dibekali mesin bensin 1.5 liter non-turbocharged dari Xpander yang menggerakkan roda depan melalui transmisi otomatis variabel kontinu.
Panjangnya 4390 mm, lebar 1810 mm dan tinggi 1660 mm, lebih panjang 25 mm, lebih tinggi 20 mm dan tidak lebih lebar dari ASX saat ini. Fitur ketersediaan yang dikonfirmasi untuk model teratas termasuk velg 18 inci, lampu LED siang hari dan lampu belakang, serta sound system Yamaha.