ADVERTISEMENT

Debut Mitsubishi XFORCE di GIIAS 2023, Diklaim Jadi Mobil SUV Kuat dan Otentik

Senin, 14 Agustus 2023 09:37 WIB

Share
Debut Mitsubishi XFORCE (POSKOTA)
Debut Mitsubishi XFORCE (POSKOTA)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - All New Mitsubishi Xforce baru saja melakukan debut globalnya lewat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang diselenggarakan di ICE BSD City, Tangerang, Banten, pada Kamis (10/8/2023).

Sebagai versi produksi lengkap dari konsep XFC yang diluncurkan di Vietnam tahun lalu, Xforce (dengan nama yang sama dengan MPV Xpander) merupakan model SUV segmen B yang ditujukan langsung untuk Honda HR-V dan Toyota Corolla Cross.

Mitsubishi Xforce merupakan satu-satunya model ASEAN yang dikembangkan secara khusus untuk wilayah tersebut dan membedakannya dari jajaran global Mitsubishi, seperti model ASX dan Eclipse Cross berbasis Renault Captur.

Mitsubishi mengatakan wilayah ini membutuhkan gaya yang lebih mirip SUV dengan "desain SUV yang ramping namun kuat dan otentik" dalam ukuran yang ringkas dengan fokus utama pada penanganan, kenyamanan, serta utilitas.

Dari segi desain, tampilan Mitsubishi Xforce meliputi kap mengambang, spatbor berotot, dan evolusi terbaru pelat muka Perisai Dinamis Mitsubishi. Lampu depan dan belakang memiliki bentuk T khusus agar tampak lebih lebar dan stabil. Model peluncuran memiliki velg 18 inci dengan ban 225/50 yang relatif besar.

Untuk interiornya, seri Xforce didasarkan pada konsep 'Horizontal Shaft' yang sama dengan seri Triton terbaru, dengan dasbor rendah untuk visibilitas yang lebih baik dan cluster layar 8,0 inci untuk panel instrumen (dengan tema berbeda) dan 12,3 inci untuk pandangan monolitik sentral. Kain campuran (think sweater) digunakan untuk menutupi dasbor dan trim pintu yang pertama untuk Mitsubishi.

Pada layar tengah menampilkan tampilan universal (ketinggian, kemiringan vertikal dan horizontal) yang memberi mengingatkan kita pada seri Pajero asli, serta konektivitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto sebagai standar.

Ada juga sound system Yamaha Premium dengan delapan speaker Dynamic Sound, yang dikembangkan secara eksklusif bersama Yamaha. Hal tersebut diklaim dapat memberikan "mid dan high yang jelas dan bass dinamis bahkan di jalan yang kasar", dengan empat profil suara untuk dipilih, yakni Lively, Signature, Powerful, dan Relaxing.

Mitsubishi mengatakan jika seri Xforce memiliki tempat duduk premium, dengan kursi belakang menyediakan ruang kaki dan bahu yang luas untuk tiga penumpang. Sandaran memiliki delapan posisi berbaring untuk mendukung tempat duduk atau ruang kargo yang nyaman. Interior dikatakan dapat menampung hingga 15 botol air, sedangkan bagasi terbaik di kelasnya dengan lantai yang dapat diatur ketinggiannya dan jok belakang lipat 40/20/40. Untuk menambah kenyamanan, pintu belakang didukung dengan akses bebas genggam.

Dibangun di atas platform yang sama dengan Xpander, Xforce memiliki panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.660 mm, dengan jarak sumbu roda 2.650 mm. Dalam beberapa konteks, kendaraan satu ini sedikit lebih besar dari HR-V saat ini di segala arah, berukuran panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.590 mm, dan jarak sumbu roda 2.610 mm. Sementara itu, Corolla Cross sedikit lebih besar dengan panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm dengan jarak sumbu roda 2.640 mm yang sangat mirip.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT