ADVERTISEMENT

Cerita Andi Mallarangeng saat Ada di Penjara: Preman Sampai Mantan Menteri Mau Kalahkan Saya

Rabu, 7 Juni 2023 13:12 WIB

Share
Andi Mallarangeng cerita kehidupan saat di penjara. Foto: Kolase/Ist.
Andi Mallarangeng cerita kehidupan saat di penjara. Foto: Kolase/Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Selama di penjara, semua orang memiliki pekerjaan masing-masing. Ada yang bekerja di dapur, di taman, membuat batu akik, perkayuan, membuat roti dan berbagai keahlian yang diberikan oleh Lembaga Pemasyarakatan.

Andi Mallarangeng Curhat Banyak Kawan Stres Keluar Penjara

Di kesempatan itu, Andi Mallarangeng kemudian bercerita bagaimana kehidupan teman-temannya pasca keluar dari penjara.

Kata Andi, tak sedikit kawannya yang menjadi terpuruk usai keluar dari penjara karena tidak memiliki pekerjaan. Baik itu dari kalangan bawah, sampai kalangan menengah ke atas.

Permasalahan muncul karena ketika eks narapidana keluar dari penjara, satu syarat yang sukar untuk dipenuhi untuk mencari pekerjaan baru adalah surat keterangan kelakuan baik.

"Begitu keluar dia enggak bisa bekerja ke mana-mana. Karena dia eks narapidana. Misal teman saya mau jadi sopir, dia enggak punya surat kelakuan baik karena dianggap mantan narapidana."

"Mau bekerja di restoran jadi pelayan, mau jadi tukang masak, mau jadi ini itu tidak gampang. Mereka cari kerja di luar makin terpuruk," katanya.

Hal itulah yang kemudian membuat para eks narapidana yang dahulu pernah menjadi pelaku kejahatan akan gampang menjadi residivis kembali.

Sebut saja dahulu ketika ada seseorang pernah merampok, akan kembali menjadi perampok. Begitu pula dengan kasus narkoba dan sebagainya. Andaipun ada yang punya keahlian, mereka akan sulit karena keterbatasan modal, serta stigma buruk eks narapidana.

"Yang kalangan atas begitu juga, ketika dia keluar enggak punya fungsi lagi. Yang tadinya dia mungkin jadi tokoh ini-itu, lalu kemudian dia enggak punya fungsi apa-apa lagi. Karena merasa minder atau keluar dari jaringan sosial yang tadinya bagus. Lalu begitu banyak orang yang dahulu mendekat sama dia, tiba-tiba semua orang menjauh," katanya.

Adapula kasus temannya yang seminggu baru keluar dari penjara malah memilih kerap mengunjungi rutan karena mengeluh tak punya teman. Berbeda saat dia ada di dalam penjara.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT