ADVERTISEMENT

Survei Pemilih Kritis, SMRC: Ganjar 37 Persen, Prabowo 33 Persen, Anies 19,2 Persen

Senin, 5 Juni 2023 16:39 WIB

Share
Survei pemilih kritis Ganjar dan Prabowo bersaing ketat. Foto: Kolase/Ist.
Survei pemilih kritis Ganjar dan Prabowo bersaing ketat. Foto: Kolase/Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dukungan Ganjar Pranowo di kalangan pemilih kritis berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dinilai unggul ketimbang dua capres lainnya.

Berdasarkan survei yang dirilis SMRC terkait dukungan pemilih kritis, Ganjar meraih angka 37,9 persen, Prabowo Subianto 33,5 persen, dan Anies Baswedan 19,2 persen. Sedangkan 9,4 persen lainnya belum menentukan pilihan.

Menurut SMRC, survei bertajuk 'Kualitas Popularitas dan Elektabilitas Bacapres di Pemilih Kritis' ini dilakukan pada 30-31 Mei 2023.

Dalam presentasinya,  Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menjelaskan, bahwa suara Prabowo dan Ganjar seimbang, selisihnya tidak signifikan. Adapun secara statistik kurang dari dua kali margin of error 3,3 persen (selisih di bawah 6.6 persen).

"Sementara suara Anies berbeda signifikan dengan kedua bakal calon presiden lainnya," tegas Deni pada Senin 5 Juni 2023.

Deni kemudian menunjukkan, dalam 6 bulan terakhir, kesukaan pemilih kepada Anies cenderung makin lemah. Ini, menurut Deni, menjadi salah satu penjelas mengapa elektabilitas eks Gubernur DKI Jakarta itu cenderung melemah dalam periode ini. 

"Sementara Ganjar dan Prabowo terus bersaing ketat dengan dukungan yang relatif seimbang," bebernya.

Deni menambahkan, Ganjar diperkirakan masih dapat menaikkan elektabilitas jika keterkenalannya naik. Sebab di kalangan pemilih kritis, Ganjar baru dikenal 89 persen, sementara Prabowo 97 persen, dan Anies 91 persen.

"Dalam analisis pada kelompok pemilih yang tahu ketiga calon, Ganjar mendapat dukungan 42,2 persen, unggul signifikan atas Prabowo yang mendapatkan suara 32,1 persen, dan Anies 17,4 persen. Yang belum tahu 8,3 persen," ucap Deni.

Di kelompok pemilih kritis yang tahu ketiga calon, elektabilitas Ganjar konsisten berada di atas Prabowo dan Anies. Pemilihan sampel dalam survei ini dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT