ADVERTISEMENT

Pelukis Muda Asal Sukabumi, Igo Rizqillah Iskandar Gelar Pameran Tunggal di Rumah Budaya Sukuraga

Minggu, 28 Mei 2023 15:10 WIB

Share
Pelukis Muda Asal Kota Sukabumi, IGO Gelar Pameran. (ist)
Pelukis Muda Asal Kota Sukabumi, IGO Gelar Pameran. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Sebagai seorang seniman, dia melihat potensi Igo sebagai penerusnya di Kota Sukabumi.

"Saya ajarkan membuat desain tanpa harus pintar menggambar dengan berbagai cara. Kita sempat putus kontak saat dia SMA karena di Bandung dan bertemu lagi di Komunitas Cat Air Indonesia. Saat saya berkunjung ke rumahnya untuk mengajak pameran, ternyata banyak karya-karyanya yang menarik," ucap Fendi.

Fendi mengatakan, karya IGO memiliki ciri khas yaitu memvisualisasikan garis, huruf yang membentuk sebuah gambar.

Selain itu, beberapa gambar juga menggunakan teknik mirror (cermin) vertikal horizontal yang tentunya membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi.

Karya Igo dikuratori oleh pelukis ternama asal Bandung, Diyanto.

Dia mengatakan, alur goresan garis yang diciptakan pena, pensil, pastel maupun kuas dalam karya Igo dapat merincikan arah, dimensi dan ukuran.

"Secara keseluruhan karya-karya yang dibuat oleh IGO memperlihatkan suatu kecenderungan khas, memperlihatkan bagaimana unsur garis demikian berperan dalam perwujudan karyanya. Tindakan yang dilakukan IGO, nampak menonjolkan keutamaan cara menarik garis yang mendefinisikan bentuk atau tepi dan lebih tepat disebut kontur di atas permukaan bidang gambar," kata Diyanto.

Diyanto menjelaskan kontur yang ditarik dan ditegaskan oleh IGO sejatinya tidak hanya menggambarkan tepi terluar dari suatu bentuk (kontur murni), melainkan mewujudkan suatu imaji berdasar tindakan (aksi) yang telah menjadi kebiasaan atau tindakan sadar.

Suatu kebiasaan (tindakan) yang berpijak pada cara kerja intuitif.

"IGO dalam setiap kerja artistiknya, seakan bertolak dari tindakan spontan dalam menarik garis. Layaknya menggambar kontur buta (blind contour drawing), yakni kebiasaan tindakan untuk tidak mengangkat alat yang digunakan menarik garis atau menggambar sebelum garis itu mewujud," ungkapnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT