ADVERTISEMENT

Cegah Narkoba, DPR Minta BPOM Perketat Pengawasan Rokok Electric dan Bahan Baku Vape

Jumat, 26 Mei 2023 09:38 WIB

Share
Firman Soebagyo. (foto: poskota/rizal siregar)
Firman Soebagyo. (foto: poskota/rizal siregar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Anggota DPR Firman Soebagyo, meminta kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengawasi ketat peredaran  rokok eletrik atau vape dengan bahan baku Liquite

Pasalnya, hal ini untuk mencegah  masuknya narkoba ke dalam cairan Vape yang  belum lama ini digrebeg oleh alarat kepolisian di Jakarta.

"Kami tidak melarang industri rokok vape, tetapi,"  kami harus awasi, dan minta kepada pemerintah melalui BPOM mengawasi dari bahan bakunya," kata Firman yang juga Anggota Baleg DPR, Jumat (26/5/2023).

Firman yang juga Sekjen GRANAT mengatakan, kalau bahan bakunya terbuat dari tembakau murni  itu tidak menjadi masalah. 

Namun ketika, bahan bakunya beruba bahan baku liquit bila tidak ada pengawasan ini beresiko tinggi bagi anak bangsa dan faktanya bahwa vave yg ber bahan liquid banyak disalah gunakan  dicampur /dioplos dengan narkoba, itu adalah  perbuatan kejahatan.

"Saya ini saya sekjen GRANAT, jadi kewajiban saya untuk menentang itu kalau memang liquid itu disalahgunakan. Oleh karena itu perlu ada regulasi yang mengatur dan mengawasi peredaran maupun produksi rokok Vave," ujarnya.

DPR punya kewajiban untuk membuat  regulasi dan pengawasan  yang menjadi kewajiban  DPR. 

"Pemrintah sebagai pelaksana UU   maka harus ada kewenangan berdasarkan UU untuk mengawasi produksi dan peredarannya," tegas Firman yang juga legislator dapil Jateng III meliputi Pati, Rembang,Blora dan Gerobogan ini. (rizal)

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT