Tarif TransJakarta Bakal Naik Pada Jam Sibuk Disoroti DPRD

Selasa, 11 April 2023 19:55 WIB

Share
Foto: Bus Transjakarta bakal naik pada jam sibuk. (Dok. Poskota)
Foto: Bus Transjakarta bakal naik pada jam sibuk. (Dok. Poskota)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) diusulkan akan menaikan tarif transportasi umum bus TransJakarta. Kenaikan harganya pun berbeda-beda dan akan disesuaikan dengan waktar operasional.

Tampak terlihat kenaikan yang diusulkan cukup tinggi pada jam sibuk kerja pada jam berangkat dan juga jam pulang kerja. Memang diketahui sejak 2007, belum pernah ada perubahan harga menggunakan TransJakarta sebesar Rp 3.500 sampai sekarang ini. 

"Adanya usulan penyesuaian tarif Transjakarta dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menjadi Rp4.000 dan Rp5.000 pada waktu sibuk (07:01-10:00 dan 16:01-21:00)," tulis resmi akun Instagram PT TransJakarta, Selasa (11/4/2023).

Dengan usulan itu akhirnya PT TransJakarta melakukan sebuah jejak pendapat dari masyarakat soal wacana kenaikan tarif TransJakarta tersebut. Dari survei itu, TransJakarta ataupun Dishub DKI sebagai legulator (pengawas) dapat melihat aspirasi untuk menyimpulkan rencana kenaikan tarif dari masyarakat.

"Sampaikan pendapat Sahabat TiJe atas gagasan kalian dengan cara scan QR code yang tertera atau melalui link https://bit.ly/TarifTJ," tulisnya. 

Untuk itu, PT TransJakarta pun meminta pada masyarakat khususnya pengguna transpirtasi Jakarta itu bisa ikut terlibat dalam menyampaikan aspirasi dalam survei tersebut. 

"Suara Sahabat Tije sangat berarti untuk TransJakarta! Pengisian survei sampai tanggal 13 April 2023 ya," pungkasnya. 

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI, Eneng Maliyanasari menyatakan tidak setuju dengan wacana kenaikkan tarif TransJakarta pada jam sibuk. Menurutnya, tidak tepat dan belum ada urgensi untuk menaikkan tarif transportasi andalan warga Jakarta tersebut.

"Pengguna TransJakarta di jam sibuk itu adalah mereka para pekerja, pada waktu tersebut penumpang TJ itu penuh luar biasa. Jangankan duduk, berdiri saja masih susah kadang-kadang. Kebangetan kalau tarif TJ naik," ucapnya.

Mestinya, TransJakarta mencari cara atau strategi supaya penumpukan atau penuhnya penumpang pada saat jam sibuk bisa berkurang, bukan malah menambah beban bagi para warga pengguna TransJakarta.

Halaman
Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar