Pengamat Sepak Bola Nasehati Novel Bamukmin Pakai Ayat Saat Live di TV Bahas Israel
Rabu, 29 Maret 2023 05:50 WIB
Share
Akmal Marhali nasehati Novel Bamukmin saat live di TV. Foto: Kolase/Ist.

"Ayat ini Al-Maidah ayat 8 asbabun nuzulnya dalam Kitab Ibnu Katsir dan tafsir Al Maraghi itu dijelaskan bahwa ketika itu fathu Makkah, nabi ingin masuk ke dalam Ka'bah. Ketika mau masuk ke dalam Ka'bah yang pegang kunci Ka'bah adalah Yahudi. Kemudian sahabat Ibnu Abbas bilang, ya Rasulullah ambil kuncinya, serahkan ke Ali Bin Abi Thalib karena kita yang paling berhak untuk memegang kunci itu."

"Kemudian nabi masuk minta kepada Utsman bin Abi Thalib masuk ke dalam Ka'bah membersihkan gambar peninggalan Nabi Ibrahim baru Ustaz tawaf satu putaran, Jibril turun, turunlah ayat ini. Yang artinya kalau dalam konteks misalnya Piala Dunia kali ini Israel itu punya hak untuk ikut piala dunia karena berdasarkan kualifikasi, bukan berdasarkan keinginan politik, bukan berdasarkan keputusan politik, bukan juga berdasarkan hadiah politik, tapi dia lolos kualifikasi," kata Akmal.

Akmal Marhali lagi-lagi menyorot pernyataan Novel Bamukmin bahwa Indonesia tidak mendatangkan Timnas Israel. Akan tetapi Israel memiliki hak sebagai anggota FIFA untuk ikut Piala Dunia U-20.

Bagi Akmal, seharusnya sepak bola bisa dijadikan alat diplomasi paling ampuh untuk perdamaian dunia. Seperti perseteruan Inggris melawan Argentina yang diselesaikan lewat sepak bola.

Adapula Korea Utara-Korea Selatan yang bersitegang sampai 20-an tahun, namun bisa mencair lewat sepak bola. Ada juga Irak dan Iran yang diselesaikan lewat sepak bola, termasuk Iran Amerika Serikat yang perlahan diselesaikan lewat sepak bola.

"Dan semoga Israel Palestina kemudian bisa diperjuangkan lewat sepak bola," kata Akmal.

Halaman
Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -