ADVERTISEMENT

Profil Shou Zi Chew, CEO TikTok yang Menghadapi Kongres AS Akibat Ancaman Pelanggaran Privasi

Sabtu, 25 Maret 2023 09:56 WIB

Share
CEO TikTok Shou Zi Chew (Foto: Twitter/yifullofsin)
CEO TikTok Shou Zi Chew (Foto: Twitter/yifullofsin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pada 2019, Shou Zi Chew diangkat menjadi presiden bisnis internasional Xiaomi dan pada Maret 2021, ia pun bergabung dengan ByteDance sebagai direktur keuangannya. 

Tak lama setelah itu Shou Zi Chew dipercaya menggantikan mantan CEO TikTok, Kevin A. Mayer yang meninggalkan anak perusahaan ByteDance setelah hanya tiga bulan bekerja.

Pada kehidupan pribadi, Chew diketahui menikah dengan perempuan berdarah Amerika-Taiwan, Vivian Kao. Keduanya bertemu pada 2008 ketika menempuh pendidikan di Harvard Business School. Pasangan ini dikaruniai dua orang anak. 

Jauh sebelum menjadi CEO TikTok, Chew merupakan seorang pembuat konten dan melihat kemampuan dari video pendek yang transformatif. Oleh karenanya, ia sangat tertarik dengan kemampuan TikTok untuk bisa bermanfaat pada kehidupan orang banyak.

 

Reputasi Shou Zi Chew

Orang Amerika tahu relatif sedikit tentang Shou Zi Chew dibandingkan dengan raksasa media sosial Silicon Valley lainnya seperti Mark Zuckerberg dari Facebook. Hal itu dikatakan oleh Brooke Erin Duffy, seorang profesor Universitas Cornell yang mempelajari platform media sosial.

"Chew telah menjadi latar belakang wacana publik sampai sekarang, jadi dia tidak memiliki reputasi yang sama seperti yang kita kaitkan dengan set Silicon Valley, terutama Zuckerberg," katanya, dikutip dari CBS News. 

Sebagian besar orang Amerika mungkin pertama kali mendengar tentang Chew ketika dia merilis video minggu ini berbicara langsung dengan pengguna TikTok di AS.

"jadi dia tidak memiliki reputasi yang sama dengan seseorang yang kita kenal, dan (kita) tidak tahu siapa dia itu,” kata Brooke.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT