ADVERTISEMENT

Pakar Gizi Bagikan Tips Hidup Sehat dan Cegah Kanker

Sabtu, 4 Maret 2023 11:00 WIB

Share
Makanan bergizi.
Makanan bergizi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Nasi putih dapat ditambahi agar-agar guna meningkatkan asupan serat harian yang diperlukan tubuh.

Keterangan ini disampaikan pakar gizi dokter Eva Kurniawati.

"Nasi putih seratnya tidak setinggi beras lain seperti beras merah, beras cokelat, atau hitam. Tambahkan agar-agar seratnya bisa bertambah,” ucapnya dalam Webinar Kesehatan Dalam Rangka Hari Kanker Sedunia 2023 yang diselenggarakan DWP Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta bersama YKI Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (3/3/2023).

Untuk menekan kenaikan gula darah agar tak terlalu cepat akibat mengonsumsi nasi putih bisa ditambahkan minyak ke dalam nasi usai proses memasak selesai.

"Usai selesai memasaknya dikasih minyak sedikit ke nasi lalu diaduk," ujar anggota tim dokter spesialis Rumah Sakit Pelni ini.

Kurang serat dikaitkan dengan risiko kanker usus. Terkait hal tersebut sebaiknya kebutuhan serat harian dipenuhi. Ini bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran.

Seseorang dalam sehari disarankan menyantap setidaknya lima warna sayuran dan buah yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan antioksidan.

Kebutuhan serat yang tercukupi juga bisa membantu seseorang mengontrol berat badannya. Berat badan yang sehat dapat menjadi salah satu cara mencegah seseorang terkena kanker.

Ukuran berat badan sehat yakni berpatokan pada indeks massa tubuh (IMT) 18,5-22,9 kg/m2.

Peningkatan lima poin IMT meningkatkan beberapa risiko kanker yakni risiko 50 persen kanker endometrium, 48 persen adenocarcinoma esophageal, 30 persen kanker ginjal, 30 persen kanker hati, 12 persen kanker payudara postmenopause, 10 persen kanker pancreas, dan 50 persen kanker kolorektal.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT