Pemain Otomotif Kelas SUV Bermunculan dengan Posisi Menyerang, Hegemoni Honda HR-V Digoyang

Kamis 23 Feb 2023, 13:57 WIB
Chery Omoda 5 salah satu penantang Honda HR-V di kelas Sport Utility Vehicle.(Foto: Ahmad Trihawaari)

Chery Omoda 5 salah satu penantang Honda HR-V di kelas Sport Utility Vehicle.(Foto: Ahmad Trihawaari)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Persaingan otomotif di kelas sport utility vehicle (SUV) di Indonesia makin ketat. Beberapa pemain baru bermunculan untuk merebut pasar dengan segmen B ini. 

Setelah Jepang, Korea, Eropa dan Amerika, pabrikan asal China ikut bertarung di kelas SUV. Perusahaan otomotif itu pun bersaing ketat dengan berbagai model, fitur canggih dan aksesoris untuk menarik minat konsumen di kelas ini.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jumlah penjualan mobil dari pabrik ke showroom segmen low sport utility vehicle (LSUV) pada 2022 sebanyak 143.433 unit dengan kontribusi 13,7 persen dari total pasar otomotif nasional. 

Jumlah itu naik 24,3 persen dari periode Januari-Desember 2020 yang hanya 115.349 unit. Sedangkan sebelum pandemi atau pada 2019, sempat menyentuh 210.719 unit. 

Data ini menunjukkan kalau porsi penjualan SUV semakin dominan. 

Di segmen SUV B ternyata juga terjadi dinamika persaingan pasar yang ketat. Masih mengolah data Gaikindo, sepanjang 2021 praktis hanya ada dua model yang menikmati segmen ini, yaitu Honda HR-V dan Wuling Almaz RS (mesin 1.5 L turbo). 

Hingga saat ini HR-V masih menguasai pasar dengan penjualan 15.711 unit sedangkan Almaz RS cuma laku 9.694 unit. Lantas, persaingan mulai dilancarkan merek Korea Selatan, Hyundai, dengan meluncurkan Creta pada November 2021. Tapi baru mulai dipasarkan Februari 2022. 

Honda HR-V juga meluncurkan generasi terbaru HR-V pada Maret 2022, seolah menjawab tantangan persaingan di pasar. Sepanjang 2022, Honda HR-V masih berstatus sebagai penguasa pasar SUV segmen B terjual 25.228 unit, disusul Hyundai Creta 15.930 unit, dan Wuling Almaz 1.5 turbo 5.238 unit. Justru persaingan semakin memuncak pada 2023 ini. 

Penantang Baru Bermunculan Memasuki awal 2023, tepatnya dalam ajang Indonesia Internatinal Motor Show (IIMS) yang terselenggara di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Total ada lima merek yang sudah dan akan memasarkan model SUV segmen B mengepung Honda HR-V.

Tantangan datang dari Wuling yang resmi meluncurkan Alvez pada IIMS 2023. Wuling resmi meluncurkan Alvez yang memiliki desain dan fitur layaknya SUV segmen B namun punya harga yang menyasar ke segmen A. 

Sebagai merek yang relatif baru, senjata utama Wuling Alvez adalah banderol yang mendisrupsi pasar SUV ringkas. Alvez ditawarkan dari Rp 209 juta hingga Rp 295 juta, jauh dari harga Honda HR-V yang dibanderol mulai Rp 375,9 juta. 

Harga Alvez bahkan cuma terpaut Rp 6 juta dari segmen di bawahnya, SUV segmen A, yaitu Daihatsu Rocky yang dijual mulai harga Rp 206,45 juta. 

Fitur-fitur yang dihadirkan juga cukup mengancam, seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terbagi dalam tiga kategori, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, dan Safe Distance & Braking Assistance. Baca juga: Spesifikasi Lengkap Chery Omoda 5 di Indonesia Omoda 5 Masih dari pabrikan asal China, Chery juga resmi mengumumkan harga Omoda 5 pada ajang IIMS 2023. 

SUV segmen B ini datang dengan mesin turbo dan menjadi pesaing HR-V versi tertinggi, yakni 1.500 turbo with Honda Sensing. Chery memasarkan Omoda 5 dengan harga Rp 328 juta hingga Rp 398 juta. Bicara soal fitur, memang menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan, selain dari desain yang futuristik dan material. 

Pihak Chery juga mengklaim kalau permintaan Omoda 5 sudah melebihi ekspektasi yang ditetapkan sebelumnya, bahkan sampai berani menambah target penjualan. 

Generasi kelima Suzuki Grand Vitara juga akan menjadi pesaing tangguh Honda HR-V di kelas SUV segmen B untuk pasar Indonesia.  

Datang menawarkan teknologi elektrifikasi hybrid, Grand Vitara cukup punya modal kuat menggembosi porsi penjualan HR-V. Apalagi dari segi harga kabarnya bakal bermain mulai Rp 360 jutaan. 

Bermodalkan mesin 1.500 cc mild hybrid, SUV dengan status CBU India ini sempat mencuri perhatian pasar karena menawarkan fitur dan desain yang menarik. Salah satu yang terpenting, harganya masih berada di bawah HR-V. 

Selain itu, Grand Vitara terbaru ini juga punya sejarah panjang di Indonesia, sehingga secara psikologis bakal lebih mudah melekat di benak calon konsumen. 

Serangan berikutnya, bakal datang dari Mitsubishi Motors. Merek tiga berlian merah ini resmi memajang purwarupa XCF Concept. Meskipun statusnya masih mobil konsep, sudah dipastikan kalau Mitsubishi bakal masuk ke segmen SUV B lewat produk ini, sekaligus menantang hegemoni Honda HR-V. 

Dari informasi yang dirangkum, Mitsubishi sudah melakukan tes jalan pada versi produksi massal FXC di Indonesia. Spekulasinya, SUV baru ini bakal menggendong mesin sama dengan Xpander 1.500 cc dengan konfigurasi berbeda sesuai karakter dan teknologi hybrid. 

Sementara Toyota dipastikan akan meluncurkan SUV hybrid baru untuk pasar Indonesia tahun ini

Berita Terkait

News Update