Proses Rehabilitasi Rekonstruksi di Wilayah Terdampak Gempa Cianjur Dimulai, Presiden Tinjau Lokasi Pembangunan RISHA

Selasa, 6 Desember 2022 08:42 WIB

Share
Menko PMK Muhadjir Effendy mendampingi Presiden Joko Widodo cek bencana Cianjur. (ist)
Menko PMK Muhadjir Effendy mendampingi Presiden Joko Widodo cek bencana Cianjur. (ist)

JAKARTA,  POSKOTA.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendampingi Presiden RI Joko Widodo mengunjungi wilayah terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (5/12/2022).

Sejumlah titik dikunjungi dalam kesempatan ketiga kalinya Presiden berkunjung itu.

Dimulai dari Posko Bantuan Paspampres Peduli Cianjur, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Falah, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, dan lokasi pembangunan rumah khusus tahan gempa RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku.

Di Posko Bantuan Paspampres Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Presiden menyapa para penduduk yang mengungsi di posko. Presiden memastikan bahwa para pengungsi dalam keadaan baik.

Dia juga memberikan bantuan sosial dan berinteraksi dengan warga. Di kesempatan itu, Kepala Negara juga mendapatkan aspirasi masyarakat yang ingin agar pembangunan rumahnya segera dimulai.

Kemudian, di titik kedua Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Falah, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang. Presiden meninjau sejumlah ruangan yang terdampak gempa, seperti masjid dan asrama santri.

Presiden juga menyempatkan untuk meninjau SMPN 1 Warungkondang yang terdampak gempa. 

Di titik ketiga, lokasi pembangunan rumah khusus tahan gempa RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku.

Di lahan sekitar 2,5 hektar tersebut akan dibangun 200 rumah tahan gempa oleh Kementerian PUPR bagi warga yang rumahnya terdampak rusak berat yang berada di center gempa di Kecamatan Cugenang.

Dalam kesempatan itu juga Presiden berinteraksi dan memberikan bantuan kepada 10 orang penerima simbolis bantuan rumah relokasi kepada warga yang terkena dampak dari Kecamatan Cugenang.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar