Ikan Lele Bergizi Tinggi Jadi Produk Unggulan Komunitas Pelikan Cideng Jakarta Pusat

Rabu, 30 November 2022 21:28 WIB

Share
Ketua Komunitas Budidaya Ikan Konsumsi Pelikan, Dadang Suherman bersama ibu-ibu warga RW 01 Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat tengah memberikan makan ikan lele. (ist)
Ketua Komunitas Budidaya Ikan Konsumsi Pelikan, Dadang Suherman bersama ibu-ibu warga RW 01 Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat tengah memberikan makan ikan lele. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Komunitas Budidaya Ikan Konsumsi Peduli Listrik dan Ikan (Pelikan) RW 01 Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat, sukses memproduksi ikan lele bergizi tinggi. 

Ketua Komunitas Budidaya Ikan Konsumsi Pelikan, Dadang Suherman, mengungkapkan budidaya ikan konsumsi ini bertujuan untuk mengajak warga memanfaatkan lahan hijau, memperbanyak dan menjaga kelestarian ikan yang bergizi tinggi, serta membiasakan konsumsi bahan pangan yang dihasilkan dari warga. 

Dadang bercerita bahwa awal mulanya berdiri pada tahun 2019, budidaya ikan lele bermula dari bibit-bibit kecil, yang rentan sekali daya tahannya. 

“Kami merawat, belajar dari yang sudah berpengalaman melalui studi banding, dan berkat bantuan pelatihan PLN juga jadi sudah berkembang sampai sekarang,” ungkap Dadang. 

Lebih lanjut Dadang menambahkan PLN memberikan pelatihan pembudidayaan lele pada tahun 2021, pelatihan kewirausahaan produk olahan lele sampai ke pemasarannya. Selain itu juga diberikan alat usaha dan pembuatan dapur produksi tahun 2022. 

Di dapur produksi ini, digunakan sebagai fasilitas ruangan untuk proses pengolahan ikan segar menjadi ikan konsumsi berbumbu siap saji dalam bentuk beku (frozen). 

Kelompok ibu-ibu meracik bumbu spesial, mengemas dalam kemasan siap saji dan siap didistribusikan dalam bentuk beku. Ikan lele hasil budidaya komunitas Pelikan ini, selain sering dikonsumsi warga sekitar, juga sering ikut serta dijual di Bazaar Kecamatan. 

Sementara itu, Manajer Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Pandu Prastyani menyatakan bahwa PLN mendukung usaha peningkatan perekonomian warga melalui bantuan rumah produksi budidaya lele di Komunitas Pelikan. 

“Sejalan dengan program Sustainable Development, yaitu pembangunan berkelanjutan melalui pemenuhan kebutuhan sendiri, warga RW 01 bisa memenuhi kebutuhannya melalui budidaya lele dan aquaponik ini. Harapannya, melalui pelatihan bantuan PLN, walaupun kecil tapi bisa berkontribusi untuk perkembangan komunitas Pelikan ini.” ungkap Pandu.
 
 

 

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar