Iran Tuntut Amerika Dikeluarkan dari Piala Dunia 2022 Gegara Postingan di Media Sosial

Senin, 28 November 2022 09:20 WIB

Share
Timnas Iran
Timnas Iran

QATAR - Dari dulu, antara Iran dan Amerika Serikat atau AS selalu timbul ketegangan. Tampaknya, bagi Amerika, Iran adalah musuh yang harus dibenci.

Maka, dalam Piala Dunia 2022 di Qatar, gambaran seperti itu juga muncul. Kini bahkan muncul serangan kritik terhadap iran dari publik Amerika.

Karena sepak bola Piala Dunia adalah mengangkat sportivitas, rupanya menjadi alasan bagi Iran menangkis kritik itu, bahkan lebih keras. Kini, Iran menuntut agar Amerika dikeluarkan dari peserta Piala Dunia 2022.

Ketegangan itu di saat Iran akan berhadapan dengan Amerika dalam pertandingan terakhir Grup B di Piala Dunia, yang memperebutkan satu tempat di Babak 16 besar.

Media yang berafiliasi dengan negara Iran telah meminta FIFA untuk mengeluarkan Amerika dari Piala Dunia gegara postingan di media sosial oleh pihak Amerika. 

Pihak Amerika memposting gambar bendera Iran yang diubah sebagai bentuk dukungan untuk hak-hak perempuan di Iran. Oleh pihak Iran, ini dianggap menghina.

Akun Twitter resmi tim sepak bola nasional AS memposting gambar klasemen Grup B Piala Dunia tetapi memutuskan untuk menghapus lambang "Allah" Republik Islam dan "takbir" dari bendera tiga warna Iran.

Langkah itu dilakukan di tengah protes nasional di Iran yang menantang pemerintah teokratis Teheran terus berlanjut.

Akun USMNT (Tim Amerika) memposting gambar grup yang hanya menunjukkan bendera Iran berwarna hijau, putih dan merah tetapi tanpa simbol Republik Islam.

Ini diduga melanggar pedoman FIFA, seperti yang ditunjukkan oleh media yang berafiliasi dengan negara Iran Kantor Berita Tasnim.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar