Gol Fullkrug Menolong Jerman dari Bibir Jurang, Berharap Spanyol vs Jepang Tak Main Imbang

Senin, 28 November 2022 05:55 WIB

Share
Alvaro Morata saat membobol gawang Jerman yang dijaga Manuel Neur, laga berkesudahan 1-1. (Foto: @FifaWorldCup)
Alvaro Morata saat membobol gawang Jerman yang dijaga Manuel Neur, laga berkesudahan 1-1. (Foto: @FifaWorldCup)

QATAR - Gol Niclas Fullkrug menolong Jerman dari bibir jurang,dan membuatnya sementara terhindar dari kondisi tersingkir di babak awal Piala Dunia 2022 di Qatar.

Gol  Fullkrug membuat Jerman menahan Spanyol 1-1. Gol ini menghibur Jerman di Piala Dunia Qatar, dan di laga berikutnya harus menang dan berharap Spanyol vs Jepang tidak main imbang.

Artinya, nasib Jerman masih belum berada di tangan mereka sendiri akibat gol telat Kosta Rika di Jepang, yang membuat juara 2014 itu menjadi tim tanpa kemenangan di Grup E.

Itu berarti mereka harus mengalahkan Amerika Tengah dalam pertandingan grup terakhir mereka, dan  berharap Spanyol vs Jepang tidak berakhir imbang. Jika itu terjadi maka selisih gol antara Jerman dan Jepang yang jadi penentuan.

Sementara itu, hasil imbang tetap bagus bagi Spanyol, karena itu berarti mereka hampir pasti lolos. Spanyol maju dengan hasil imbang atau masih bisa kalah dan lolos berkat tujuh gol yang mereka cetak di laga pembuka.

Satu-satunya pertarungan kelas berat yang sesungguhnya di babak grup menampilkan pertarungan gaya setelah Spanyol menikmati 82 persen penguasaan bola dan lebih dari 1.000 operan saat mengalahkan Kosta Rika dan Jerman berusaha bangkit dari kekalahan mengejutkan 2-1 dari Jepang.

Spanyol tampil lebih baik dari babak pertama dan nyaris memimpin lebih awal karena Manuel Neuer tidak melihat tembakan jarak jauh Dani Olmo yang kuat hingga hampir terlambat.

Pemain berusia 36 tahun itu hanya berhasil mengarahkan ujung jarinya ke sana dan mengarahkan bola ke mistar gawang, tetapi itu adalah indikator awal dari ancaman yang ditimbulkan Spanyol dan mereka terus menekan selama 45 menit pertama.

Tapi butuh waktu hingga setelah babak pertama bagi Alvaro Morata untuk memecahkan kebuntuan, dia berlari terlambat di depan Niklas Sule untuk menerkam umpan tepat Jordi Alba ke kotak enam yard dan memukul bola ke atap gawang.

Jerman nyaris membalas enam menit ketika Jamal Musiala melepaskan tembakan dari jarak dekat tetapi usahanya hanya bisa mengenai kiper Spanyol Unai Simon.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar