Jadi Warga Kehormatan Kesultanan Tidore, KASAL Dapat Gelar 'Kapita Marinyo Ngolo Nyili Gulu-Gulu'

Minggu, 27 November 2022 21:58 WIB

Share
Kasal diberi gelar
Kasal diberi gelar "Kapita Marinyo Ngolo Nyili Gulu-Gulu" dari Sultan Tidore H. Husain Sjah Suba Jou di Kedaton Kesultanan Tidore, Tidore, Maluku Utara. Sabtu (26/11/2022) kemarin. (Foto: Dinas Penerangan Angkatan Laut).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menerima penganugerahan sebagai Warga Kehormatan Kesultanan Tidore.

Dalam kesempatan itu, Kasal diberi gelar "Kapita Marinyo Ngolo Nyili Gulu-Gulu" dari Sultan Tidore  H. Husain Sjah Suba Jou  di Kedaton Kesultanan Tidore, Tidore, Maluku Utara. Sabtu (26/11/2022) kemarin. 

Pemberian gelar Kapita Marinyo Ngolo Nyili Gulu-Gulu kepada Laksamana Yudo mempunyai arti yakni Kapita yang berarti seorang Panglima, Marinyo adalah bagian dari Pertahanan Laut, sedangkan Ngolo Nyili Gulu-Gulu artinya dari tempat yang terjauh.

Sehingga, gelar Kapita Marinyo Ngolo Nyili Gulu-Gulu bermakna seorang Panglima Perang Laut Kesultanan Tidore di Wilayah Jauh. 

 Kasal mengatakan sebagai pemimpin dan jajaran TNI AL merasa terhormat dan bersyukur menerima penganugerahan ini sehingga dapat menjadi bagian dari Kesultanan Tidore. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada Sultan Tidore dan Hulubalang Kesultanan Tidore yang telah mengangkat saya sebagai Panglima Perang Laut yang mana ini merupakan suatu kehormatan bagi saya dan jajaran menjadi bagian dari Kesultanan Tidore" tuturnya. 

Lebih lanjut Laksamana Yudo menyampaikan bahwa negara Indonesia mempunyai wilayah laut yang sangat luas.

Sehingga perlu angkatan laut atau pemimpin panglima laut yang kuat untuk menjaga wilayah kedaulatan negara. 

Sebagai bagian dari Kesultanan Tidore, Kasal merasa secara pribadi maupun dinas ikut bertanggung jawab menjaga keamanan dan stabilitas wilayah Tidore secara luas pastinya serta wilayah perairan Indonesia secara keseluruhan. 

Kasal juga berharap dengan adanya kegiatan pemberian gelar ini, tali silaturahmi dengan masyarakat Tidore tetap terjalin dengan erat dan baik. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar