Rumah Leluhur Ayatollah Khomeini Dibakar Demonstran
Senin, 21 November 2022 16:00 WIB
Share
Iran (Ilustrasi)

IRAN, POSKOTA.CO.ID - Rumah leluhur pendiri Republik Islam Iran Ayatollah Ruhollah Khomeini dibakar demonstran.

Laporan kejadian di bagian barat Iran ini beredar luas di media sosial pada hari Jumat (18/11/2022).

Video-video yang dipasang di media sosial menunjukkan kondisi rumah di kota Khomein yang terbakar. Sementara kerumunan orang bersorak-sorai.

Kota Khomein terletak di Provinsi Markazi, Iran bagian barat, tempat mendiang Ayatollah Khomeini lahir.

Media semi resmi yang dikelola negara dan berafiliasi dengan Pasukan Garda Revolusi Iran, Tasnim, membantah laporan tersebut. Mereka melaporkan rumah, yang telah diubah menjadi museum tersebut, masih terbuka.

Namun Reuters dan AFP memverifikasi keaslian video tersebut meskipun tidak dapat menentukan tanggal video itu diambil. Juga tidak jelas seberapa parah kerusakan rumah akibat kebakaran itu.

Wartawan dan penulis David Patrikarakos yang menulis buku tentang ambisi nuklir Iran, mencuit ulang foto-foto dari tempat kejadian, dan menulis kebakaran tersebut merupakan serangan yang menantang esensi republik itu sendiri.

Rumah tersebut adalah tempat kelahiran Ayatollah Ruhollah Khomeini. Nama belakang mantan pemimpin ini diambil dari kota Khomein di mana dia dilahirkan.

Khomeini pada tahun 1970-an tinggal di pengasingan di Paris.

Dia sebagai ulama dikenal sebagai pengkritik keras pemimpin Iran Mohammad Reza Pahlavi yang didukung Amerika Serikat saat itu.

Halaman
1 2
Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -