ADVERTISEMENT

Pertemuan Anies Baswedan dengan Gibran di Solo Dinilai Hanya Sebatas Basa basi Politik

Rabu, 16 November 2022 16:58 WIB

Share
Momen pertemuan Anies Baswedan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: IG @aniesbaswedan).
Momen pertemuan Anies Baswedan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: IG @aniesbaswedan).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pertemuan Anies Baswedan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming di Solo dinilai hanya sebatas basa basi politik.

Hal itu diungkapkan pengamat politik Karyono Wibowo, Rabu. Menurutnya, pertemuan Anies Baswedan dengan Gibran hanya basa-basi politik, atau istilah sekarang gimmick politik.

"Sekadar basa basi politik. Pertemuan Anies dengan Gibran  itu hanya gimmick politik," ujar Karyono dalam keterangan tertulisnya, Rabu, (16/11/2022).

Penilaian itu lantaran tidak ada pembahasan politik dalam pertemuan Anies dengan Gibran tersebut. Menurut Karyono, pertemuan itu hanya trik Anies agar selalu menjadi perbincangan media dengan mendompleng putra sulung Presiden Jokowi yang masih menjabat sebagai pemimpin daerah.

"Tidak ada hal substansi yang dibahas, tidak ada komitmen politik. Pertemuan tersebut sekadar membentuk opini publik, agar Anies tetap menjadi perbincangan di media," ujarnya.

Karyono mengatakan, agenda utama Anies sebenarnya mengikuti acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo. Maka dari itu, menurut Karyoto pertemuan dengan Gibran bukan prioritas Anies.

"Anies bertemu Gibran dalam istilah jawa hanya 'nyuwun sewu', artinya permisi karena Gibran sebagai Wali Kota Solo," katanya.

Justru, menurut Karyono, yang perlu dicermati bukan pertemuan eks Gubernur DKI Jakarta itu dengan Gibran. Namun kehadiran Anies di acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi yang membawa misi politik untuk kepentingan politik 2024.

Anies, lanjutnya, ingin mengambil ceruk pemilih di Solo yang menjadi basis nasionalis dan kandang banteng di Jawa Tengah.

"Namun, tidak mudah bagi Anies untuk 'menundukkan' Solo. Karenanya, Anies mencoba menggunakan teori 'makan bubur panas'. Dia awali dengan mendekati basis islam di Surakarta dan sekitarnya yang berpotensi bisa digalang lebih dulu, baru merambah ke yang lain," jelas Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) itu.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT