Jaklingko Tindaklanjut Keluhan Ribuan Pengguna Transjakarta Soal Double Deduct, Refund Belasan Juta Dikembalikan

Rabu 16 Nov 2022, 19:51 WIB
Kartu JakLingko berbasis JakCard yang dapat digunakan untuk moda transportasi di Jakarta. (ist)

Kartu JakLingko berbasis JakCard yang dapat digunakan untuk moda transportasi di Jakarta. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PT, Jaklingko Indonesia tindaklanjuti ribuan keluhan pengguna transportasi massal di Jakarta terkait double deduct pada tap in dan tap out, 

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin menyampaikan, kendala yang dialami pengguna layanan Transjakarta perihal kejadian double deduct pada tap in dan tap out semakin berkurang, sejalan dengan perbaikan teknis dan sistem yang dilakukan oleh JakLingko di lapangan.

“Sejak diimplementasikan pada 4 Oktober lalu sampai dengan sekarang total keluhan sejumlah 1.338 pengguna layanan Transjakarta yang dilaporkan pada JakLingko Customer Care dan teridentifikasi pada database transaksi di JakLingko Indonesia, total refund yang berhasil dikembalikan sejumlah 3.464 transaksi senilai total Rp11.640.000," ungkap Kamal dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/11/2022).

Menurutnya setiap hari, laporan terkait double deduct di Transjakarta) yang tercatat di JakLingko Customer Care semakin sedikit (kurang dari 20 laporan per hari), dan laporan yang masuk mayoritas pelanggan menfollow-up proses refund atas laporan mereka sebelumnya.

"Kami mohon agar pelanggan bersabar, karena seluruh permohonan refund yang berhasil terverifikasi akan diproses pengembaliannya sesuai antrian." tambah Kamal.

Adapun PT JakLingko Indonesia akan terus melakukan penyempurnaan integrasi sistem yang beragam dan terus berkoordinasi dengan Tranjakarta.

Saat ini, sistem integrasi JakLingko setiap harinya melakukan pemprosesan rata-rata 362.551 dari tiga operator (Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta), dan terkait kejadian double deduct ini tidak pernah terjadi di operator MRT Jakarta dan LRT Jakarta.

Selanjutnya, jika masih ada pelanggan yang mengalami kejadian double deduct, mohon dapat segera melaporkannya ke JakLingko Customer Care pada nomor 0812-6000-1440.

Apabila kejadian tersebut diverifikasi terjadi, maka pelanggan berhak mendapatkan refund atas transaksi tersebut melalui tiga pilihan cara pengembalian yaitu: melalui aplikasi JakLingko, transfer bank, atau transfer dompet elektronik.

Berita Terkait
News Update