ADVERTISEMENT

Pemimpin AS dan Tiongkok Akan Bertemu di Bali Pada 14 November

Sabtu, 12 November 2022 08:00 WIB

Share
Amerika Serikat dan Tiongkok (Ilustrasi)
Amerika Serikat dan Tiongkok (Ilustrasi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Pertemuan ini akan berlangsung pada 14 November mendatang di sela-sela KTT G20 di Bali.

Dikutip dari AFP, pernyataan ini disampaikan pihak Gedung Putih.

Juru Bicara Gedung Putih Karine Jean Pierre dalam pernyataan mengatakan,”Para pemimpin akan mendiskusikan upaya untuk menjaga dan memperdalam jalur komunikasi, mengelola persaingan secara bertanggung jawab, dan bekerja sama di mana kepentingan selaras terutama pada tantangan transnasional.”

Kedua pemimpin sebelumnya pernah bertemu sebelum Joe Biden menjadi presiden.

Mereka beberapa kali berkomunikasi melalui sambungan telepon dalam 22 bulan terakhir. Namun pandemi COVID-19 dan keengganan Xi Jinping bepergian ke luar negeri membuat mereka tak pernah bertemu secara langsung.

Pertemuan di sela-sela KTT di Bali itu dilakukan setelah Xi Jinping mencetak sejarah pada bulan lalu dengan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok untuk masa jabatan ketiga. Otomatis membuatnya menjadi Presiden Tiongkok untuk periode ketiga. 

Sementara Joe Biden dapat menghadapi perjalanan yang lebih sulit selama dua tahun ke depan usai pemilihan umum paruh waktu.

Kedua negara memiliki hubungan investasi dan perdagangan dalam jumlah besar. Namun pada saat yang sama keduanya saling menantang pengaruh militer dan diplomatik satu sama lain. Terutama di kawasan Asia Pasifik.

Mereka juga tengah menghadapi kemungkinan konflik terkait Taiwan, sekutu dekat AS yang diyakini Xi Jinping berada di bawah kendali Beijing.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT