Presiden Jokowi: Vladimir Putin Mungkin Akan Mengikuti KTT G20 Secara Virtual

Rabu, 9 November 2022 07:00 WIB

Share
G20
G20

BALI, POSKOTA.CO.ID - Presiden Rusia Vladimir Putin akan bergabung ke KTT G20 jika situasinya memungkinkan.

Keterangan ini disampaikan Presiden Joko Widodo sebagai tuan rumah pertemuan itu pada Selasa (8/11/2022).

Jika Vladimir Putin tidak dapat datang ke Indonesia maka pemimpin Rusia tersebut akan hadir secara virtual sebagai gantinya. Demikian dikutip dari VOA.

Jokowi mengatakan Vladimir Putin tidak mengesampingkan kemungkinan untuk menghadiri KTT di Bali dan akan bergabung jika memungkinkan.

Dia menyebutkan peristiwa itu berlangsung selama percakapan telepon pekan lalu.

"Tetapi kalau tidak, mungkin dia akan meminta untuk melakukannya secara virtual," ucap Jokowi kepada wartawan saat berkunjung ke Bali tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Surat kabar Financial Times sebelumnya mengutip Jokowi yang mengatakan bahwa percakapannya dengan Vladimir Putin telah memberinya kesan kuat dia tidak akan hadir.

Pertemuan di Bali diperkirakan akan didominasi ketegangan invasi Rusia ke Ukraina yang disebut Moskow sebagai "operasi khusus".

Indonesia sebagai tuan rumah G20 telah menolak tekanan dari negara-negara Barat dan Ukraina untuk tidak mengundang Vladimir Putin ke KTT para pemimpin tersebut dan mengusir Rusia dari kelompok itu.

Alasannya, Indonesia tidak memiliki wewenang untuk melakukannya tanpa konsensus di antara para anggota.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar