Desa Terpencil di Kawasan Pegunungan Ini Membawa Pencerahan

Selasa, 1 November 2022 20:00 WIB

Share
Stevo Stepanovski menunjukkan buku dari perpustakaan Desa Babino.
Stevo Stepanovski menunjukkan buku dari perpustakaan Desa Babino.

MAKEDONIA, POSKOTA.CO.ID - Desa Babino telah ditinggalkan warga bertahun-tahun silam.

Babino merupakan desa terpencil di kawasan pegunungan Makedonia Utara.

Tetapi lembah sunyi ini tetap menjadi rumahnya dan menjadi surga budaya bagi Stevo Stepanovski dan koleksi 20 ribu bukunya.

Koleksi 20 ribu buku Stevo Stepanovski di desa Babino, Makedonia Utara telah diturunkan dari generasi ke generasi.

Koleksi tersebut pertama kali diterima kakek buyut Stepanovski dari tentara Ottoman yang melewati daerah itu pada akhir abad ke-19.

Selain buku-buku sejarah dan novel dalam bahasa Makedonia, ada juga buku-buku tebal dalam bahasa Persia, Arab dan Turki selain sejumlah buku lainnya dalam bahasa Serbia-Kroasia.

Perpustakaan tersebut juga menyimpan foto-foto asli karya wartawan yang meliput Perang Dunia I, peta-peta antic, serta berbagai kamus dalam banyak bahasa di kawasan tersebut.

Stevo Stepanovski menjaga dengan cermat koleksi tersebut maupun rumah batu berusia ratusan tahun yang menyimpan buku-buku itu selama puluhan tahun. Dia secara rutin menyambut para tamu dengan menyajikan kopi dan minuman brandy buah buatan sendiri.

"Desa ini bersama dengan Vladimirovo di daerah Berovo dianggap sebagai salah satu desa paling terdidik di Makedonia. Ini disebut desa pencerahan,” ucap pensiunan berusia 72 tahun itu seperti dikutip AFP pekan lalu.

Dia melanjutkan,”Menurut sejarahnya praktis tidak ada rumah di desa ini yang tidak memiliki seorang guru.”

Halaman
Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar