Anak Ferdy Sambo yang Balita Ternyata Adopsi, Putri Candrawathi Pernah Minta Bayi dari Brigadir J!

Selasa, 1 November 2022 12:40 WIB

Share
Sidang Lanjutan Putri Candrawathi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,(ahmad tri Hawari)
Sidang Lanjutan Putri Candrawathi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,(ahmad tri Hawari)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Salah satu saksi dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan membuka fakta baru terkait anak Ferdy Sambo.

Dalam sidang yang dilaksanakan pada Senin (31/10/2022) kemarin, terungkap bahwa anak Ferdy Sambo yang balita ternyata adopsi. Padahal, keberadaan anak tersebut pernah menjadi alasan istri eks Kadiv Propam Polri, Putri Candrawathi tidak ditahan kendati telah jadi tersangka.

Hal itu diungkapkan dalam kesaksian salah satu karyawan Ferdy Sambo, Deden. Penyataannya sekaligus membantah kesaksian asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo, Susiyang dicecar hakim usai menyebut balita tersebut sebagai anak kandung.

"Siap yang Mulia, untuk anak ibu PC dan bapak yang paling kecil itu anak adopsi yang mulia. Untuk prosesnya saya tidak tahu," ucap Daden dalam sidang lanjutan kasus Brigadir J, Senin (31/10/2022).

 

Sebelumnya, Hakim Ketua Wahyu Imam Santoso mencecar Susi dengan pertanyaan terkait anak Ferdy Sambo yang diakui sebagai anak kandung.

"Siapa yang melahirkan? saudara jangan bohong, banyak bohong saudara!" kata Hakim Wahyu. 

Pertanyaan tersebut tampaknya membuat susi terdiam tak berkutik, suasana ruang sidang pun jadi hening.

"Kok diam?" kata Hakim Wahyu bertanya kembali pada Susi yang terdiam.

Beberapa saat kemudian, Susi pun menyebut bahwa yang melahirkan anak Ferdy Sambo yang terakhir adalah Putri Candrawathi.

 

Hakim Wahyu lantas mengulangi pertanyaannya dengan nada yang lebih tegas.

"Siapa yang melahirkan Arka?,” kata Hakim Wahyu.

"Ibu Putri," kata Susi mengulangi jawabannya. 

Hakim Wahyu lalu bertanya soal kapan anak Ferdy Sambo yang balita dilahirkan. Susi menjawab ia lahir pada 23 Maret 2021.

Namun, ketika Hakim bertanya di mana anak Ferdy Sambo dilahirkan, Susi menjawab tidak tahu. Jawaban tersebut dinilai tidak jelas, melihat dari jawaban Susi sebelumnya.

"Saudara tau tanggal lahirnya, tapi tidak tau lahirnya di mana," tutur Hakim. 

"Makin terjebak saudara dengan kebohongan saudara," lanjutnya.

 

Hakim lalu bertanya soal siapa pengasuh anak Ferdy Sambo pada bulan Juli. Susi pun menjawab bahwa ada seorang suster bernama Alif yang merawatnya.

Akan tetapi, jawaban ini dinilai janggal karena susi tidak pernah menyebut ada suster yang merawat anak Ferdy Sambo ikut tinggal di rumah pribadi di Jalan Saguling III.

"Dari tadi saya tanya siapa yang tinggal di sana Alif tidak disebut," ucap Majelis Hakim.

"Kan sudah keluar, Pak," jawab Susi.

 

Putri Candrawathi pernah minta bayi ke keluarga Brigadir J

Sebelumnya diketahui, Putri Candrawathi pernah meminta mengadopsi anak bayi dari keluarga Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J). Hal itu diungkapkan oleh bibi Brigadir J, Roslin Simanjuntak.

Roslin menyebut bahwa permintaan itu disampaikan langsung oleh Putri Candrawathi kepada Brigadir J ketika ia baru setahun bekerja sebagai ajudan Ferdy Sambo,

"Sempat minta saat Yosua setahun kerja di situ, mak ada nggak bapak ibu (Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi) mau adopsi anak, bapak itu nanya ke saya kalau ada dari keluarga kita," kata Roslin dikutip dari YouTube Uncle Wira pada Jumat  (16/9/2022).

 

Akan tetapi, bibi Brigadir J menyebut keinginan Putri Candrawathi saat itu tak bisa dikabulkan lantaran keluarga mereka tidak memiliki bayi.

Ketika itu, Putri Candrawathi mencari anak berusia balita (di bawah lima tahun), sementara anak-anak dari keluarga Brigadir J sudah berumur di atas itu.

"Keluarga kami nggak ada lagi yang bayi, karena mereka maunya yang bayi, adanya yang sudah SD, mereka nggak mau, akhirnya gak jadi," ujarnya.

Namun ketika kasus pembunuhan Brigadir J mencuat, Roslin curiga bahwa anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi yang masih balita adalah anak adopsi.

Roslin Simanjuntak lantas curiga jangan-jangan balita yang berusia 1,5 tahun yang disebut-sebut sebagai anak Putri Candrawathi adalah anak angkat.

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar