ADVERTISEMENT

Survei IPS: Pasangan Prabowo-Erick Thohir Duet Ideal yang Paling Banyak Disukai Publik Calon Pemilih Pilpres 2024

Rabu, 19 Oktober 2022 18:51 WIB

Share
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Lembaga survei Indonesia Polling Stations (IPS) merilis hasil survei terbaru mereka tentang pasangan capres-cawapres ideal menurut persepsi publik.

Salah satu temuan menarik adalah munculnya nama Prabowo Subinto dan Erick Thohir. Pasangan Prabowo-Erick Thohir muncul sebagai duet ideal dan paling banyak disukai publik calon pemilih dalam Pilpres 2024 nanti.

Survei IPS kali ini dilakukan pada tanggal 7 s/d 17 Oktober 2022 di 34 provinsi di seluruh wilayah Indonesia. Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang minimal sudah berusia 17 tahun dan memiliki E-KTP.

Jumlah sampel sebesar 1200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multi-state random sampling). Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,83 persen  dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka  langsung dengan responden berpedoman kuesioner. 

Selain perkembangan elektabilitas capres dan partai politik, dalam survei IPS kali ini dibuat simulasi dengan menawarkan sejumlah pasangan capres dan cawapres untuk dinilai publik. 

"Dalam simulasi tersebut untuk posisi calon presiden (capres) 2024 diasumsikan terdiri dari tiga tokoh yang selama ini selalu mendominasi rating survei berbagai lembaga riset mainstream, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan," kata Peneliti Senior IPS, Alfin Sugianto, Rabu (19/20/2022).

Sementara untuk posisi calon wakil presiden (cawapres) terdiri dari sejumlah tokoh yang paling realistis diusung oleh koalisi partai dan namanya juga sering muncul dalam papan survei. Mereka adalah Erick Thohir, Ridwan Kamil, Agus Harimurty Yudhoyono, Puan Maharani, Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar dan Moeldoko.

"Untuk capres Prabowo Subianto ketika disimulasikan berpasangan dengan sejumlah nama cawapres tersebut ternyata Erick Thohir dinilai publik sebagai pasangan paling ideal Prabowo Subianto," katanya.

Kendati berpasangan dengan siapapun elektabilitas Prabowo tetap tinggi dan berpeluang memenangkan Pilpres 2024.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT