ADVERTISEMENT

Keagungan Prosesi Pemakaman Sejumlah Anggota Kerajaan Inggris

Sabtu, 24 September 2022 13:00 WIB

Share
Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.
Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

2002: Putri Margaret

Pemakaman Putri Margaret dipimpin oleh ibunya yang berusia 101 tahun, yang juga dikenal dengan nama Elizabeth, pada 15 Februari 2002. Adik perempuan satu-satunya dari Ratu Elizabeth II tersebut tutup usia pada umur 71 tahun akibat mengalami serangkaian stroke.

Pemakaman dilangsungkan secara tertutup dengan dihadiri oleh sekitar 450 keluarga dan teman, termasuk 30 atau lebih anggota keluarga kerajaan seperti ratu, mantan suami Margaret, yaitu Lord Snowdon, dan dua anaknya Viscount Linley dan Lady Sarah Chatto.

Meskipun ada kekhawatiran akan kesehatannya, ibu dari Ratu Elizabeth II menghadiri kebaktian pemakaman putrinya di Kapel St George di Kastil Windsor.

Pemakaman Margaret berlangsung tepat 50 tahun sejak Elizabeth kehilangan suaminya, Raja George VI. Bertentangan dengan tradisi kerajaan lainnya, jenazah Margaret tidak dikuburkan seperti pada umumnya, melainkan dikremasi.

2002: Ibu Suri

Hanya tujuh minggu setelah kematian Margaret, ibunda Ratu Elizabeth II, Elizabeth, meninggal dalam tidurnya pada 30 Maret di Windsor. Pemakamannya digelar pada 9 April. Ini menandai berakhirnya sebuah era.

Elizabeth adalah permaisuri terakhir India dan dianggap sebagai penghubung ke era terdahulu. Dia sangat dicintai karena dianggap sebagai simbol perlawanan terhadap Nazi selama Perang Dunia II.

Lebih dari 200 ribu orang selama empat hari melewati peti matinya untuk memberi penghormatan. Pemakamannya di Westminster Abbey dihadiri oleh 2.000 orang.

Lebih dari satu juta orang mengantre sepanjang 37 kilometer untuk mencapai Windsor, di mana dia dikebumikan bersama suaminya di kapel peringatan Raja George VI, dan di samping abu Margaret.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT