ADVERTISEMENT

Keagungan Prosesi Pemakaman Sejumlah Anggota Kerajaan Inggris

Sabtu, 24 September 2022 13:00 WIB

Share
Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.
Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

1979: Lord Mountbatten

Pada 27 Agustus 1979, Louis Mountbatten, sepupu Ratu Elizabeth II dan raja muda terakhir India, terbunuh pada usia 79, oleh bom Tentara Republik Irlandia yang diletakkan di kapalnya.

Pembunuhan itu mengguncang Inggris. Louis Mountbatten adalah seorang komandan angkatan laut, paman dari suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip. Dia tercatat sebagai mentor putra tertua yang juga ahli waris takhta dari pasangan itu, Pangeran Charles.

Pada 5 September, ratusan ribu orang berkumpul di London bersama dengan perwakilan angkatan bersenjata Inggris, Marinir AS, dan tentara Prancis, Kanada, India, dan Burma untuk mengucapkan selamat tinggal kepada sang raja muda.

Sejumlah pengawal yang mengendarai enam tank membawa peti mati Louis Mountbatten dari Westminster Abbey ke stasiun Waterloo di mana peti itu akan diangkut ke Romsey, dekat Southampton, Inggris selatan, untuk dimakamkan di biara kota tersebut.

1997: Putri Diana

Pada 6 September 1997, denyut kehidupan di Inggris mendadak terhenti untuk menyaksikan pemakaman Diana, Putri Wales. Putri yang banyak dicintai rakyat ini meninggal pada usia 36 tahun. Ia tutup usia dengan cara mengenaskan di Paris pada 31 Agustus dalam sebuah kecelakaan mobil.

Kematiannya mengejutkan publik di seluruh dunia. Jutaan orang berbaris di jalan-jalan dan diperkirakan sekitar 2,5 miliar pemirsa menonton pemberitaan terkait pemakaman tersebut melalui layar televisi.

Ketika prosesi arak-arakan peti jenazah Diana melewati Istana Buckingham, Ratu Elizabeth II terlihat menundukkan kepalanya di depan umum. Ratu mendapatkan kritik atas sikapnya yang dianggap angkuh dalam menanggapi kematian mantan istri Pangeran Charles itu.

Dua putra kecil pasangan itu, pangeran William dan Harry, berjalan dengan kepala tertunduk di belakang peti mati ibu mereka. Diana dimakamkan di Althorp, rumah bersejarah keluarganya di Northamptonshire, di sebuah pulau di tengah danau.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT