Gus Muhaimin dan Prabowo Kembali Bertemu, Sepakat Memperluas Koalisi dan Sembilan Kiai Sepuh Memberikan Masukan
Sabtu, 24 September 2022 14:10 WIB
Share
Gus Muhaimin  dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama para santri. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mencapai kesepakatan baru setelah bertemu lagi.

Gus Muhaimin dan Prabowo sepakat memperluas koalisi. Sebelumnya, PKB dan Gerindra sudah menandatangani Piagam Deklarasi menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Usai keduanya, Gus Muhaimin dan Prabowo menggelar pertemuan dengan para kiai dan santri di Pondok Pesantren API Asri Tegalrejo, Magelang, Jumat malam (23/9/2022).

Kedua partai sepakat untuk terus membuka diri bagi parpol (partai politik) lain bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang digagas PKB dan Gerindra.   "Kita bersepakat mengajak dan membuka diri parpol lain untuk bergabung," ujar Gus Muhaimin.

Ditanya soal posisi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Gus Muhaimin mengatakan,  bahwa pilpres masih jauh sehingga hal itu akan dibicarakan lebih lanjut.

Namun, Gus Muhaimin menegaskan bahwa hasil Muktamar PKB Bali pada 2019 silam, telah memutuskan dirinya maju sebagai capres dalam Pilpres 2019. 

"Soal capres dan cawapres nanti akan dibicarakan lagi. Saat ini konsentrasi kita adalah memperluas dukungan terutama masyarakat, memperkuat barisan, kemudian menambah jumlah partai bergabung," katanya.

Selain soal koalisi, Gus Muhaimin mengatakan diskusi yang dilakukan bersama Prabowo juga membahas pengembangan pesantren hingga tantangan bangsa. 

Pengasuh Ponpes API Asri Tegalrejo KH Yusuf Chudlori mengatakan, sembilan kiai sepuh  memberikan masukan-masukan kepada Gus Muhaimin maupun Prabowo.

”Para kiai sepuh, ada sembilan kiai sepuh yang memberikan masukan-masukan dan doa kepada Pak Prabowo dan Gus Muhaimin agar ke depan Pak Prabowo dan Gus Muhaimin diberikan kelancaran, keselamatan dalam menghadapi tantangan ke depan yang berat,” ujar Gus Yusuf kepada wartawan usai peretemuan dengan Prabowo. 

Halaman
1 2