ADVERTISEMENT

Membangun Keselamatan dan Kesehatan Kerja Akibat Pandemi COVID-19

Rabu, 21 September 2022 13:00 WIB

Share
Seremoni potong pita.
Seremoni potong pita.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sekitar 29 juta pekerja di Indonesia terdampak pandemi COVID-19 pada Agustus 2020.

Hal ini memicu salah satu krisis pasar tenaga kerja terburuk.

Jumlah ini menambah pelik situasi untuk sekitar 7 juta pencari kerja yang masih sulit mendapatkan pekerjaan di mana 2,6 juta pekerja turut kehilangan pekerjaan dan 24 juta lainnya mengalami pemotongan jam kerja dan upah sebagai imbas pandemi.

Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), Kementerian Ketenagakerjaan, dan Pemerintah Jepang bergabung dalam memulihkan situasi ketenagakerjaan.

Ini dilakukan dengan memperkuat sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di tingkat perusahaan untuk memastikan keberlanjutan bisnis dan perlindungan pekerja. Tujuan lainnya adalah untuk membangun budaya K3 yang positif demi terciptanya lingkungan kerja yang aman dan sehat secara nasional.

Ketiga lembaga tersebut mengadakan acara penutupan terkait kegiatan bersama ini pada Selasa (20/9/2022) di Jakarta. Demikian dikutip dari pers rilis yang diterima.

Menteri Ketenagakerjaan,Ida Fauziyah, Menteri dan Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar Jepang Masami Tamura, dan Direktur ILO untuk Indonesia dan Timor Leste Michiko Miyamoto secara resmi membuka acara penutupan yang terdiri dari rangkaian acara talk show K3, pameran, dan penyerahan hasil proyek kepada Pemerintah Indonesia.

Rangkaian acara ini berlangsung selama tiga hari hingga 22 September 2022. Sekaligus menandai penutupan proyek ILO bertajuk “Meningkatkan Pencegahan COVID-19 di dan melalui Tempat Kerja” yang bertujuan untuk meningkatkan langkah-langkah pencegahan COVID-19 di tempat kerja di tengah pandemi yang akan memfasilitasi pembukaan kembali bisnis, kelanjutan dan ekspansi.

Proyek senilai 1,6 juta dolar AS yang didanai Pemerintah Jepang ini telah memperkuat sistem manajemen K3 kepada sebanyak 1.521 tempat kerja dan telah menjangkau 22.154 pekerja. Juga berfungsi sebagai platform advokasi untuk pemahaman, kesadaran, dan tindakan K3 yang lebih baik, proyek ini telah menjangkau 15.218 orang di Indonesia.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menekankan pentingnya pemajuan prinsip dan budaya K3 agar Indonesia lebih tangguh dalam menghadapi dan menghadapi krisis di masa depan seperti pandemi COVID-19 saat ini.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT