BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia, Termasuk di Selatan Banten dan Jawa Barat pada 21-23 September 2022
Rabu, 21 September 2022 13:08 WIB
Share
Ilustrasi Gelombang Tinggi.(Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 21 - 23 September 2022.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan  angin berkisar 5 - 20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten - Jawa Barat, Samudra Hindia Selatan Banten dan Laut Arafuru bagian timur. 

Dwikorita mengungkapkan kondisi ini menyebabkan terjadinya peningkatan gelombang setinggi 1.25 - 2.5 meter di Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, perairan timur Simeulue, perairan selatan Flores, perairan Pulau (P) Rote - Kupang, Laut Sawu bagian utara, perairan selatan Kepulauan (Kep) Tanimbar, Laut Arafuru.

 

Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2.50 - 4.0 meter berpeluang terjadi di perairan barat Aceh - Kep. Mentawai, perairan Bengkulu, Samudra Hindia Barat Aceh - Kep. Nias, perairan selatan Sumbawa - Sumba, Selat Alas bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Sumbawa - Sumba, Laut Sawu bagian selatan, perairan P. Sawu.

Sedangkan, untuk gelombang yang sangat tinggi di kisaran 4.0 - 6.0 meterberpeluang terjadi di *perairan Enggano - barat Lampung, Samudra Hindia Barat Kep. Mentawai - Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten - Lombok, Selat Bali - Lombok bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa - Nusa Tenggara Barat

BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan. (johara)