ADVERTISEMENT

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Cek Lokasi Bencana Pergerakan Tanah di Desa Bojong Koneng

Jumat, 16 September 2022 15:50 WIB

Share
Foto : Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto meninjau lokasi bencana pergeseran tanah di Desa Bojong Koneng, Kecamatan BabakanMadang, Kabupaten Bogor. (Ist.)
Foto : Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto meninjau lokasi bencana pergeseran tanah di Desa Bojong Koneng, Kecamatan BabakanMadang, Kabupaten Bogor. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto blusukan ke lokasi kejadian Pergerakan tanah di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (16/9/2022).

Menurutnya, tujuan kedatangan ke lokasi bencana untuk melaksanakan  amanah dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untul melihat warga yang terdampak bencana.

“Salah satunya adalah menyampaikan amanah dari Pak Prabowo Subianto.  Saya didampingi oleh Kepala Rumah Tangga kediamannya. Jadi beliau baru pulang kunjungan dari Maluku, langsung atensi tolong tengok apa saja kebutuhan masyarakat terutama kebutuhan pokok agar terpenuhi,” ungkap Rudy di lokasi pergerakan tanah.

Ia juga menambahkan, pihaknya segera memverifikasi fasilitas umum (Fasum) yang dibutuhkan  masyarakat. “Yang rusak apa. Agar segera dibantu proses perbaikannya. Pak Prabowo menyiapkan tempat untuk pengungsi. Apabila tidak cukup, beliaupun menyiapkan tempat. Bakan beliau mengirimkan sedikit bantuan sembako” tutur ketua DRPD.

Dirinya telah mengecek ke lokasi.   “Memang dari kondisi geologis tanahnya, di sini memang labil. Area yang terdampak cukup luas, tentunya BPBD dari awal kita sudah meminta membuat peta mitigasi bencana. Jadi area yang bisa dibuat pemukiman bisa kita data. Melihat kondisi hari ini, saat intensitas hujan masih tinggi, kita mengimbau ke masyarakat untuk tidak mendiami dulu rumah yang terdampak. Setelah tidak ada pergerakan, baru kita evaluasi lagi,” imbuhnya.

“Kalau kita hari ini memastikan bahwa anggaran belanja dari BTT, kebutuhan masyarakat terpenuhi, dari sisi infrastruktur segera diperbaiki, jadi jangan sampai ada yang terlewat dari kepentingan masyarakat,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan Poskota pergerakan tanah terjadi di Desa Bojong Koneng, Kecamatan BabakanMadang, Kabupaten Bogor, Kamis (15/9/2022). Menurut Staff Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin, pergeseran tanah tersebut terjadi pada 14 September pukul 11.15 WIB.

"Pergeseran tanah ini terjadi, akibat wilayah ini dilanda hujan selama tiga hari berturut-turut," ungkapnya melalui keterangan tertulis. Jalal menyebut, akibat pergeseran tanah ini, sedikitnya dua kampung terdampak bencana alam tersebut. "Pergeseran tanah ini terjadi di Kampung Curug, RT.01/09, RT.01,02/RW.15 dan Kampung Gunung Batu, Desa bojong koneng," ujarnya.

Lebih lanjut, menurut Jalal, akibat bergesernya tanah tersebut, ada 12 rumah yang mengalami kerusakan, diantaranya, 1 rusak ringan, 5 rusak sedang dan 6 rusak berat. "Selain itu, pergeseran tanah ini juga berdampak pada mushola, jalan desa sepanjang 1 Kilometer amblas dan aliran listrik di dua RW padam," tuturnya.

Hingga saat ini, kata Jalal, diketahui ada 15 KK terdampak dengan rincian 65 jiwa orang dewasa, balita 13 dan 3 lansia. Dari keseluruhan korban, 43 jiwa pun diungsikan ke tenda pengungsian, selain itu jalan desa yang amblas tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 dan roda 4.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT