ADVERTISEMENT

Selamat HPN 2022, Ini Harapan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Kepada Insan Pers 

Rabu, 9 Februari 2022 07:05 WIB

Share
 Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (ist)
 Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Di Hari Pers Nasional (HPN) ke-76 yang jatuh hari ini, Rabu (9/2/2022), Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto berharap pers terus menjaga posisinya sebagai pilar demokrasi Indonesia dengan menyebarkan informasi yang faktual, edukatif dan menginspirasi. 

Rudy memandang peran strategis pers yang demikian sangat dibutuhkan. Terlebih di tengah dinamisnya perkembangan jaman yang menuntut masyarakat untuk cepat berdaptasi dengan segala perubahan tersebut.

"Pers punya peran yang sangat strategis dalam mewujudkan pembangunan sesuai dengan arah yang kita cita-citakan bersama. Melalui produksi berita, Pers mengingatkan pemerintah, politisi, dan semua masyarakat akan realitas yang terjadi hari ini sekaligus mewanti-wanti berbagai kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang," ujar Rudy.

Karena itu, lanjut Rudy, peranan strategis yang dimiliki pers, harus dimanfaatkan dengan baik oleh insan pers. Apalagi, saat ini, bangsa Indonesia sangat membutuhkan narasi yang dapat menjaga harapan, juga informasi yang akurat agar dapat membaca keadaan sebenarnya untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan. 

"Kita berada pada situasi pandemi dan ini sudah memasuki tahun ketiga, banyak hal berubah secara cepat dan banyak kebijakan yang diambil untuk merespon perubahan tersebut. Pers sangat membantu dalam penyebaran informasi berbagai kondisi itu dengan tetap menjaga nalar kritis masyarakat kita, menjembatani aspirasi masyarakat agar dapat menjadi input bagi pengambil kebijakan untuk menentukan keputusan yang perlu diambil," katanya.

Di saat bersamaan, sambungnya, era digitalisasi dengan segala perkembangan teknologinya juga mempermudah masyarakat dalam mencari sekaligus menyebarkan informasi.  

Bahkan, kata Rudy, teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang, membuat masyarakat sangat mudah dalam memproduksi informasi dan kemudian menyebarkannya ke publik. 

"Banyak hal positif dari kemudahan tersebut, tetapi juga banyak negatifnya misalnya informasi hoax yang kemudian viral sehingga dianggap sebagai kebenaran. Nah informasi yang disampaikan pers melalui kaidah-kaidah jurnalistik dapat meluruskan kekeliruan tersebut untuk menjaga kebersatuan kita, menjaga akal sehat kita, dan menjaga dunia informasi digital kita," cetusnya.

Dengan harapan-harapan tersebut, Rudy mengucapkan selamat Hari Pers Nasional untuk semua Insan Pers di Indonesia. 

Wakil Sekjend Partai Gerindra ini juga mengingatkan memasuki tahun politik menuju 2024, pers harus memberikan informasi yang mengedukasi kepada penyelenggara, peserta dan juga masyarakat akan hak dan kewajiban masing-masing.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT