ADVERTISEMENT

Aksi Hacker Tebar Data Pribadi Bikin Resah, PSI Minta Presiden Tegur Kominfo dan BSSN

Minggu, 11 September 2022 16:10 WIB

Share
Hacker
Hacker

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

“Dua lembaga pemerintah ini tidak bisa melepaskan diri dari tanggung jawab jika terjadi peretasan pada database di Indonesia, apalagi jika peretasan menimpa institusi pemerintah dan BUMN seperti yang ditengarai terjadi pada semua kasus pembobolan data beberapa bulan terakhir,” tegas Sigit.

Karena itu, PSI meminta presiden turun tangan untuk menegur dua lembaga tersebut. “Kominfo dan BSSN harus ditegur dan diminta duduk bersama, melakukan audit keamanan pada semua sistem yang dimiliki oleh pemerintah dan BUMN, menemukan celah-celah kerentanan di dalamnya, dan segera memperbaikinya,” ujar Sigit.

Apalagi, masih menurut Sigit, Bjorka terus-menerus melakukan provokasi dan melecehkan lembaga pemerintahan di Indonesia. 

“Setelah mengatai Kominfo idiot, Bjorka mengancam akan menyebarkan data-data rahasia negara, termasuk milik presiden dan BIN. Bjorka juga mengancam akan membocorkan data milik MyPertamina. Setelah menyebarkan data pribadi menteri di hari ulang tahunnya, Bjorka bahkan menantang untuk ditangkap,” kata Sigit.

Pembobolan data dan dokumen rahasia negara merupakan perkara teknokratis dan teknis. "Kominfo dan BSSN jangan merespon secara politis, apalagi saling menyalahkan sesama lembaga pemerintah," ujar Sigit.

Jika keamanan siber Indonesia tidak diperbaiki dan Bjorka dibiarkan merajalela, selain menghancurkan marwah Kominfo dan BSSN, masyarakat yang akan paling terdampak.

“Sudah saatnya berhenti bicara dan mulai bekerja. Mohon bapak presiden bisa menegur kedua lembaga ini agar dapat bekerja dengan benar dan tidak terlalu banyak memberikan pernyataan yang membuat Indonesia menjadi bahan lelucon di dunia siber dan malah membuat kita semakin malu,” pungkas Sigit.
 (rizal)

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT