Anggaran Militer Taiwan Naik, Mengapa?

Senin, 29 Agustus 2022 19:00 WIB

Share
Tsai Ing Wen
Tsai Ing Wen

POSKOTA.CO.ID - Taiwan mengumumkan rencana untuk menaikkan anggaran militer.

Anggaran pertahanan pada tahun mendatang naik 13,9 persen dibandingkan 2022 atau akan mencapai lebih dari 19 miliar dolar AS.

Pengumuman disampaikan Presiden Taiwan Tsai Ing Wen di tengah ketegangan dengan Tiongkok pekan lalu. Demikian dikutip dari Irib pada Sabtu (27/8/2022).

Peningkatan anggaran mencakup pendanaan untuk jet tempur baru dan peralatan lain yang Sebagian akan dibeli dari Amerika Serikat.

Kenaikan anggaran pertahanan tersebut membuat total anggaran pertahanan Taiwan mencapai 19,41 miliar dolar AS.

Jika dihitung maka jumlah tersebut 15 persen dari total pengeluaran pemerintah.

Anggaran menandai kenaikan tajam dalam pengeluaran dibandingkan dengan kenaikan sekitar 4 hingga 5 persen dalam beberapa tahun terakhir.

Taiwan pada tahun lalu mengumumkan rencana tambahan 8,69 miliar miliar dolar AS pada 2026 untuk anggaran pertahanan tahunannya guna meningkatkan kemampuan angkatan laut negara tersebut.

Pengumuman peningkatan anggaran militer Taiwan untuk tahun depan semakin jelas arah dan maknanya.

Taiwan memiliki pendapatan finansial yang baik dan situasi ini membuat Tiongkok akan terpaksa meningkatkan anggaran militernya dan tidak fokus pada tujuan utamanya. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar