ADVERTISEMENT

Eks Penasihat Gedung Putih Beberkan Kesalahan Besar Donald Trump

Senin, 22 Agustus 2022 08:00 WIB

Share
John Bolton
John Bolton

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuat kesalahan besar.

Pernyataan ini datang dari mantan Penasihat Gedung Putih John Bolton.

Donald Trump membuat kesalahan besar yaitu menandatangani kesepakatan dengan Taliban.

Militer Amerika Serikat dan sekutunya keluarnya dari Afghanistan setelah Februari 2020. Yakni ketika kesepakatan antara AS dan Taliban diraih.

Milisi Taliban pada 15 Agustus 2021 kembali berkuasa di Afghanistan.

"Yang dikejar Taliban adalah keluarnya AS dan NATO dari Afghanistan. Segala sesuatu yang lain adalah sekunder dari perjanjian Doha,” ucap John Bolton saat diwawancarai Tolo News seperti dilansir pada Sabtu (20/8/2022).

Dia melanjutkan,”Mereka hanya menunggu waktu. Saya meyadari hal ini. Oleh karena itu mereka berjanji di Doha dan menerima janji penarikan pasukan AS yang saat ini telah terealisasi."

John Bolton meyakini bahwa keluarnya AS dari Afghanistan sebuah langkah keliru. Karena AS secara praktis kehilangan akses intelijennya di Afghanistan.

Dia juga menyinggung mantan utusan Washington untuk perdamaian Afghanistan Zalmay Khalilzad tidak memiliki peran konstruktif dalam kasus ini.

"Harus saya katakan dengan jelas dia menerima instruksi dari Trump dan Mike Pompeo. Oleh karena itu setiap kritikan terhadap Khalilzad harus dimaklumi karena Trump dan Pompeo yang menginstruksikannya."

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT