ADVERTISEMENT

Vladimir Putin: Tatanan Dunia Unipolar Hampir Berakhir

Rabu, 17 Agustus 2022 11:00 WIB

Share
Vladimir Putin
Vladimir Putin

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

RUSIA, POSKOTA.CO.ID - Amerika Serikat berusaha mendorong permusuhan yang berkepanjangan di Ukraina.

Tuduhan ini dilontarkan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dia menyebut ini sebagai bagian dari apa yang digambarkannya sebagai upaya Washington untuk mempertahankan hegemoni globalnya.

Hal ini dia sampaikan saat berbicara pada konferensi keamanan yang dihadiri pejabat militer dari Afrika, Asia, dan Amerika Latin pada Selasa (16/8) seperti dikutip dari VOA.

Vladimir Putin menegaskan kembali klaim lama bahwa dia mengirim pasukan ke Ukraina dalam usaha menanggapi Washington yang berusaha mengubah negara itu menjadi benteng anti Rusia.

''Mereka membutuhkan konflik untuk mempertahankan hegemoni,'' tuduhnya.

"Itulah mengapa mereka mengubah rakyat Ukraina menjadi umpan meriam. Situasi di Ukraina menunjukkan bahwa Amerika Serikat sedang berusaha memperpanjang konflik, dan bertindak dengan cara yang sama ketika mengobarkan konflik di Asia, Afrika dan Amerika Latin,'' imbuh Vladimir Putin.

Pidato tersebut merupakan upaya terbaru pemimpin Rusia untuk menggalang dukungan di tengah sanksi-sanksi Barat yang menarget ekonomi dan keuangan Rusia bersama dengan struktur pemerintahan, pejabat tinggi, dan bisnisnya karena tindakan Moskow di Ukraina.

Vladimir Putin mencoba menyamakan dukungan AS untuk Ukraina dengan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi baru-baru ini ke Taiwan. Dia menuduh bahwa keduanya adalah bagian dari upaya Amerika Serikat untuk memicu ketidakstabilan global.

“Petualangan Amerika di Taiwan bukan hanya perjalanan politisi yang tidak bertanggung jawab. Itu adalah bagian dari strategi AS yang disengaja dan sadar yang dimaksudkan untuk mengacaukan situasi dan menciptakan kekacauan di kawasan dan seluruh dunia, sebuah demonstrasi terang-terangan yang tidak menghormati kedaulatan negara lain dan kewajiban internasionalnya sendiri,'' lanjut Vladimir Putin.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT