ADVERTISEMENT

Vladimir Putin: AS Ubah Ukraina Menjadi Medan Perang Berkepanjangan

Rabu, 17 Agustus 2022 20:00 WIB

Share
Vladimir Putin
Vladimir Putin

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

RUSIA, POSKOTA.CO.ID - Amerika Serikat bertanggung jawab atas perang berkepanjangan di Ukraina.

Pernyataan ini disampaikan Presiden Rusia Vladimir Putin di acara pembukaan konferensi Moskow ke-10 terkait keamanan internasional pada Selasa (16/8/2022).

Perang di Ukraina antara Moskow dan Kyiv telah mendekati enam bulan.

Rusia menyatakan perang yang dilancarkan bertujuan melucuti senjata Ukraina menyusul permintaan pejabat Donetsk dan Luhansk di Donbass.

Negara-negara Barat khususnya Amerika Serikat dan Inggris dengan menjatuhkan sanksi terhadap Moskow dan mengirim senjata serta peralatan perang ke Ukraina telah mengobarkan perang di negara tetangga Rusia ini.

Vladimir Putin menyebut Washington bertanggung jawab atas berlarut-larutnya perang di Ukraina.

Di samping itu mengatakan negara-negara Barat berusaha mempertahankan hegemoni dengan menerapkan kebijakan menahan dan melemahkan setiap jalur pembangunan alternatif bagi negara lain dan membutuhkan konflik untuk mempertahankan hegemoninya.

Vladimir Putin lebih lanjut menekankan bahwa Rusia dan Tiongkok akan mempertahankan kedaulatannya dan tidak akan menyerah pada tekanan asing.

Dia pun menyikapi pendekatan provokatif AS terkait Taiwan. Seperti kebijakan Amerika Serikat terhadap Taiwan yang menunjukkan Washington tidak menghormati kedaulatan negara lain.

Vladimir Putin dalam pernyataannya menyebut Amerika Serikat berusaha mengalihkan opini publik negaranya dari krisis akut dalam negeri dengan mengalihkan tanggung jawab kekalahannya kepada Rusia dan Tiongkok. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT