ADVERTISEMENT

Presiden Korea Selatan Janji Bantu Korea Utara Jika Pyongyang Tinggalkan Program Senjata Nuklir

Rabu, 17 Agustus 2022 09:00 WIB

Share
Yoon Suk Yeol
Yoon Suk Yeol

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KOREA SELATAN, POSKOTA.CO.ID - Korea Selatan menawarkan bantuan ekonomi kepada Korea Utara jika Pyongyang meninggalkan program senjata nuklirnya.

Pernyataan ini datang dari Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dalam pidato merayakan berakhirnya penjajahan Jepang di Semenanjung Korea.

Dia juga menyerukan hubungan yang lebih baik dengan Jepang.

Yoon Suk Yeol menyebut kedua negara itu sebagai mitra dalam menghadapi tantangan menuju kebebasan dan mengatakan nilai-nilai bersama mereka akan membantu mengatasi keluhan sejarah terkait dengan pemerintahan kolonial brutal Jepang sebelum berakhirnya Perang Dunia II.

Pidato televisi Yoon Suk Yeol disampaikan beberapa hari setelah Korea Utara mengeluarkan pernyataan kontroversial bahwa negara itu telah berhasil menanggulangi COVID-19 dan akan melakukan pembalasan terhadap Korea Selatan setelah menuding Seoul sebagai penyebab wabah tersebut.

Korea Utara bersikeras mengatakan bahwa selebaran dan benda-benda lain yang diterbangkan melintasi perbatasan oleh para aktivis menyebarkan virus. Klaim tidak ilmiah Korea Utara digambarkan Seoul sebagai tudingan konyol.

Korea Utara memiliki sejarah menekan Korea Selatan ketika tidak mendapatkan apa yang diinginkannya dari Amerika Serikat. Kekhawatiran ancaman Korea Utara itu menandakan akan munculnya provokasi yang mungkin bisa berupa uji coba nuklir atau misil atau bahkan pertempuran perbatasan.

Beberapa ahli mengatakan Korea Utara dapat menimbulkan ketegangan di sekitar latihan militer gabungan Amerika Serikat dan Korea Selatan mulai pekan depan.

Yoon Suk Yeol, seorang konservatif yang mulai menjabat Mei lalu, mengatakan bahwa denuklirisasi Korea Utara akan menjadi kunci perdamaian di kawasan itu dan dunia.

Dia menyebutkan jika Korea Utara menghentikan pengembangan senjata nuklirnya dan benar-benar berkomitmen pada proses denuklirisasi maka Korea Selatan akan merespons dengan imbalan ekonomi besar yang akan diberikan secara bertahap.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT