ADVERTISEMENT

Tutup Acara IOI, Menko PMK serahkan Estafet Penyelenggara ke Hungaria

Senin, 15 Agustus 2022 09:37 WIB

Share
Upacara Penutupan IOI ke-34 yang digelar di Kawasan Candi Prambanan. (foto: ist)
Upacara Penutupan IOI ke-34 yang digelar di Kawasan Candi Prambanan. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy resmi menutup rangkaian International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34 Tahun 2022 yang telah berlangsung selama sepekan.

Dalam kesempatan itu, Menko PMK mengungkapkan, sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Indonesia telah mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan salah satu olimpiade sains tingkat dunia yang tertua dan terbesar.

“Pada tahun ini kita bisa menyelenggarakan IOI secara hibrid untuk pertama kali, daring dan luring sekaligus, setelah selama 2 tahun IOI diadakan secara daring sepenuhnya karena pandemi Covid-19,” katanya pada Upacara Penutupan IOI ke-34 yang digelar secara hibrid (daring dan luring) di Kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu 14 Agustus 2022.

Menko PMK menyebut, Olimpiade tingkat internasional IOI menjadi salah satu wujud kekuatan ilmu dan pendidikan. Peminat, pelajar, dan pendidik informatika dari berbagai penjuru dunia berkumpul untuk berkompetisi, agar dapat mendorong generasi muda untuk berinovasi dan berkarya.

Semangat kebersamaan dan kolaborasi seperti ini menurut Muhadjir selaras dengan semangat yang dihidupkan oleh Indonesia dalam Presidensi G20. 

“Indonesia mengajak negara-negara bergotong royong memulihkan pendidikan, terutama guna mempersiapkan pelajar yang siap menjawab tantangan masa depan dengan pengetahuan dan kemampuan yg mumpuni,” kata Menko PMK.

Menko PMK berharap para pakar dan talenta yang bergabung dalam IOI bisa terus menghidupi semangat kolaborasi yang telah dibangun di atas pondasi ini sehingga dapat saling membantu meningkatkan pemerataan pemanfaatan teknologi dan mengarahkan penggunaan teknologi untuk menjawab permasalahan yang ada secara maksimal.

"Saya ucapkan selamat bagi para pemenang IOI 2022 yang telah membanggakan negara kalian di kancah internasional, dan Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah sukses menyelenggarakan ajang kompetisi internasional ini khususnya Kemendikbudristek," tuturnya. (rizal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT