ADVERTISEMENT

PB IDI: Cacar Monyet Bisa Picu Kematian

Selasa, 9 Agustus 2022 12:00 WIB

Share
IDI
IDI

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Penyakit cacar monyet atau monkeypox bisa menyebabkan kematian.

Terlebih jika pasien memiliki daya tahan tubuh yang buruk.

Daya tahan tubuh yang buruk pada penderita cacar monyet bisa menyebabkan komplikasi dan berujung dengan kematian.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Satgas Penanganan Cacar Monyet dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Hanny Nilasari.

"Pada orang yang daya tahan tubuhnya baik umumnya tidak terlalu berat,” ucap Hanny Nilasari seperti dikutip dari VOA pada Sabtu (6/8/2022).

Dia melanjutkan,”Tetapi pada saat orang tersebut mempunyai daya tahan tubuh yang berat, bisa terjadi komplikasi. Misalnya infeksi kulit, saluran pernapasan, hingga otak dan berakhir dengan kematian.”

Dia menjelaskan risiko kematian pada pasien cacar monyet berkisar 0 hingga 16 persen akibat komplikasi pada infeksi sekunder, saluran pernapasan, sepsis, infeksi di otak dan mata. Namun apabila komplikasi menyerang otak pada pasien cacar monyet. Maka angka kematian itu bisa lebih tinggi.

"Jadi tergantung komplikasinya ada di mana. Kalau komplikasi ada di otak atau menyerang ke seluruh tubuh terjadi sepsis tentunya angka kematian menjadi lebih tinggi," jelasnya.

Hanny Nilasari mengatakan penyakit cacar monyet pada umumnya menyerang wajah si penderita. Tetapi kelainan yang muncul akibat cacar monyet akan menyerang bagian batang tubuh seperti lengan, perut, punggung, dan telapak tangan.

"Kelainan kulit yang bisa ditemukan pada pasien terduga cacar monyet adalah bintil-bintil di area bagian seperti wajah, batang tubuh, telapak tangan, dan kaki. Diikuti dengan lenting dan bernanah," ungkapnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT