ADVERTISEMENT

Wilayah Kabupaten Karawang Dipastikan Bakal Dilintasi Ruas Tol Baru, Membentang dari Sentul Hingga Karawang Barat

Senin, 8 Agustus 2022 19:59 WIB

Share
Ilustrasi jalan tol yang menjadi akses utama ke Kabupaten Karawang.
Ilustrasi jalan tol yang menjadi akses utama ke Kabupaten Karawang.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KARAWANG, POSKOTA CO.ID - Wilayah Kabupaten Karawang dipastikan bakal dilintasi ruas tol baru yang membentang dari Sentul, Kabupaten Bogor, hingga Karawang Barat. Nilai investasi sebesar Rp15 triliun.

"Lelang pekerjaannya sudah beres. Pemenangnya konsorsium perusahaan BUMN dan swasta," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang, Eka Sanatha, Kamis (4/8/2022).

Dijelaskan, panjang ruas tol itu 61 Km. Pembangunannya ditargetkan rampung tahun 2025. "Warga Karawang yang akan ke Bogor nantinya tidak perlu melewati Jakarta. Dengan menggunakan tol tersebut waktu tempuh ke Bogor hanya 40 menit," kata Eka.

Dengan adanya ruas tol baru itu lanjut Eka, semakin melengkapi Karawang sebagai daerah tujuan investasi. Sebab, sarana dan prasarana transportasi merupakan salah satu daya dukung investasi di suatu daerah.

Menurut Eka, saat ini Karawang memiliki daya dukung investasi yang memadai berkaitan dengan konektivitas atau akses. Jarak Karawang dari Bandara Soekarno Hatta hanya sekitar 90 kilometer.

Kemudian, lanjut dia, akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati sekira 122 kilometer. Belum lagi rencana pembangunan Bandara Soekarno Hatta II di Karawang yang tertuang dalam PP 13 tahun 2017 dan Permenhub Nomor 69 tahun 2013 belum dicabut.

Kemudian jarak menuju Pelabuhan Patimban, Subang maupun dengan Pelabuhan Tanjung priuk sekitar 70 kilometer. Konektivitas dari dan menuju Karawang juga didukung adanya sejumlah ruas jalan tol.

Rinciannya jalan tol Jakarta-Cikampek, jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated atau jalan tol layang MBZ, jalan tol Jakarta-Cikampek Selatan (Jatiasih-Sadang), dan jalan tol baru yang akan di bangun dari Sentul sampai Karawang Barat.

"Akses kereta di Karawang juga ada. Kereta jarak jauh bisa naik dan turun di Stasiun Cikampek dan Karawang. Kemudian juga ada Transit Oriented Development (TOD) kereta cepat Jakarta-Bandung di Karawang yang masih dalam pembangunan," kata Eka.

Di sisi lain juga ada daya dukung energi dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Juanda Jatiluhur dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Cilamaya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT