ADVERTISEMENT

Asyik Nih, Ada Ajang Aktualisasi Kompetensi Antargenerasi Muda Dunia di Bidang Informatika IOI untuk Kalangan SMA

Senin, 8 Agustus 2022 03:26 WIB

Share
Ajang Internasional IOI tahun ini mengadakan kompetisi pertama diselenggarakan secara hibrida (daring dan luring). (Ist)
Ajang Internasional IOI tahun ini mengadakan kompetisi pertama diselenggarakan secara hibrida (daring dan luring). (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA. CO.ID - Hai gaes, jangan ketinggalan. Nih  ada ajang aktualisasi kompetensi antargenerasi muda dunia di bidang informatika, kesempatan penting namanya International Olympiad in Informatics (IOI).

Gelaran IOI adalah ajang kompetisi Internasional di bidang informatika tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Setelah selama dua tahun berturut-turut digelar secara daring karena pandemi Covid-19, ajang internasional IOI tahun ini mengadakan kompetisi pertama diselenggarakan secara hibrida (daring dan luring).

 Ajang ini menjadi kesempatan bagi generasi berbakat Indonesia untuk mengasah kompetensi dan mengaktualisasikan dirinya secara lebih luas.

Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Asep Sukmayadi, mengatakan dalam kegiatan ini ingin mencitakan pemimpin muda jadi inspirasi bagi kaumnya agar talenta ini tidak padam di tengah jalan.

"Kompetisi ini adalah dorongan dan medan aktualisasi diri bagi mereka," ujar Asep Sukmayadi, dalam keterangan tertulis yang diterima Poskota, Minggu (7/8/2022) pagi.

IOI ke-34 akan diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tanggal 7-15 Agustus 2022, dan Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggara.

Asep Sukmayadi mengapresiasi banyak pihak yang membantu dan mendukung Indonesia menjadi tuan rumah IOI seperti berbagai kementerian/lembaga terkait, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menjaga keselamatan dan keamanan penyelenggaraan acara dimasa pandemi Covid-19.

“Dalam mempersiapkan acara ini kami menggandeng Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) dan para alumni IOI Indonesia, karena ini jadi kesempatan bagi putra putri bertalenta Indonesia untuk saling belajar satu sama lain. Kita juga undang sekretariat IOI pusat untuk melihat kesiapan kita menyelenggarakan IOI ini," ungkap Asep.

Sedangkan Asep mengungkapkan dalam mendukung kecintaan generasi muda Indonesia di bidang komputer, kementerian selalu mengembangkan materi pembinaan yang relevan bagi para peserta. Apresiasi dan komitmen Kemendikbudristek diwujukan dengan memberi beasiswa talenta sejak dua tahun terakhir.

"Kami dorong mereka mendapatkan pendidikan yang terbaik sehingga mereka bisa menjaga dan mengembangkan talentanya untuk pada akhirnya berkontribusi terhadap kemajuan dan pembangunan bangsa," tambahnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT