ADVERTISEMENT

Ketum GCB: Kualitas Air Ciliwung Terus Membaik dan di Beberapa Segmen Bisa Digunakan sebagai Bahan Baku Air PAM

Sabtu, 30 Juli 2022 13:19 WIB

Share
Ketua umum Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) Peni Susanti.
Ketua umum Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) Peni Susanti.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Kabar baik datang dari komunitas Gerakan Ciliwung Bersih  (GCB) yang menginformasikan bahwa kualitas atau mutu air Sungai Ciliwung kini berada pada level dua, yang bisa menjadi bahan baku air minum. 

Dengan begitu, munculnya kembali biota/ flora dan fauna Ciliwung, yangg dulu hanya ikan sapu-sapu sekarang sudah ada ikan baung, lobster biru dan lain-lain.

“Perusahaan Air Minum atau PAM Jaya juga  membuka kembali instalasi 500 liter/ detik dengan 16 ribu  sambungan untuk masyarakat,” ungkap Ketua Umum GCB, Peni Susanti Moerpratomo dalam keterangan pers, Jumat (29/7/2022). 

Peni juga menyebutkan hal itu terkait dilaksanakannya peringatakan Hari Sungai ke-11 yang jatuh pada 27 Juli 2022. 

Disebutkan, dengan program-program  GBC yang sudah  berjalan, banyak perubahan-perubahan yang terjadi di sungai Ciliwung. Menurut Ketum GCB, mutu atau kualitas air Ciliwung terus membaik.

Selain mutu air yang semakin baik  juga meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap Ciliwung, dulu di 2009 hanya 2 Komunitas Ciliwung sekarang sudah ada kurang lebih 30 Komunitas Ciliwung.

Mengenai organisasi yang dipimpinnya, Peni menjelaskan, Gerakan Ciliwung Bersih telah bergerak 31 tahun yang lalu, GCB di inisiasi oleh Instansi Pemerintah yaitu Gubernur DKI Jakarta, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Pekerjaan Umum, BPLHD DKI Jakarta, Perguruan Tinggi, LSM, WALHI, DML.

“GCB hadir dengan Visi dan Misi yang nyata yaitu Menjadikan Sungai Ciliwung menjadi Sungai yang bersih dan dapat di gunakan kembali untuk berbagai aktifitas seperti sumber air minum, pariwisata dan perhubungan,” ujar Peni.

Peran Kami di Lingkungan Hidup  tambah Peni, adalah sebagai Fasilitator, Kordinator, Advaiser, Pembina dan Rumah Bersama Ciliwung yang membangun Kemitraan dengan berbagai pihak yang peduli dan bertanggung jawab.

Adapun  aksi-aksi nyata yaitu untuk kebersihan serta kelestarian Sungai Ciliwung. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT