ADVERTISEMENT

Tiongkok - Indonesia Tingkatkan Perdagangan dan Kerja Sama

Rabu, 27 Juli 2022 19:00 WIB

Share
Jokowi dan Li Keqiang.
Jokowi dan Li Keqiang.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TIONGKOK, POSKOTA.CO.ID - Tiongkok menyatakan komitmennya untuk memperdalam hubungan perdagangan dengan Indonesia.

Di samping itu mendukung penuh kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun depan. Indonesia dipuji sebagai mitra strategis yang baik.

Hal ini disampaikan saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Tiongkok pada Selasa (26/7).

Jokowi dalam kunjungan ini bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang di Beijing.

Tiongkok sebaliknya melontarkan kritik pada Amerika Serikat dalam beberapa bulan terakhir terkait isu Taiwan dan Ukraina. Juga terkait praktik perdagangan dan Laut Tiongkok Selatan. Demikian dikutip dari Reuters.

Tiongkok dan Indonesia dalam pernyataan bersama menyatakan,”Bertindak secara proaktif dan dengan rasa tanggung jawab yang besar untuk mempertahankan keamanan dan stabilitas regional. Kedua negara telah memberikan contoh bagi negara-negara berkembang yang berupaya meningkatkan kekuatan melalui persatuan dan kerja sama yang saling menguntungkan.”

Indonesia merupakan mitra dagang Tiongkok yang merupakan sumber penting feronikel, batu bara, tembaga, dan gas alam bagi Tiongkok.

Impor Tiongkok dari Indonesia pada paruh pertama 2022 melonjak 34,2 persen untuk sebagian besar komoditas. Ini terbesar kedua setelah Rusia.

Kementerian Sekretariat Negara menyebutkan Tiongkok telah menyampaikan komitmen untuk menambah impor minyak sawit mentah sebesar satu juta ton. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT