Fakta Baru Soal Detik-Detik Sebelum Penembakan Brigadir J, Komnas HAM: Para Ajudan Ferdy Sambo Tertawa-tawa
Rabu, 27 Juli 2022 11:17 WIB
Share
Kolase foto konferensi Komnas HAM dan pelaku penembakan Brigadir J, Bharada E. (Foto: Diolah dari Google).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM mengungkap fakta baru mengenai detik-detik sebelum terjadinya insiden baku tembak di rumah Irjen Ferdy Sambo yang menewaskan Brigadir J

Komnas HAM menyebut ada momen yang tampak ceria di antara ajudan Irjen Ferdy Sambo. Mereka tampak tertawa-tawa sebelum kemudian terjadi tembak menembak. Kejadian ini menyiratkan seolah tak ada yang aneh dalam pertemuan di rumah atasan mereka.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, mengatakan momen ceria itu terungkap setelah pihaknya memeriksa enam ajudan Ferdy Sambo, termasuk Bharada E yang diduga membunuh Brigadir J.

"Jawaban yang paling penting adalah memang muncul tertawa-tawa. Artinya riang enak ngobrolnya dalam satu momen tertentu yang nanti akan kami umumkan," kata Anam kepada wartawan di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022).

Menurut Anam, suasana para ajudan Ferdy Sambo sebelum kejadian menjadi penting bagi Komnas HAM. 

Hal itu guna menemukan jawaban terkait dugaan ancaman pembunuhan yang diterima Brigadir J.

"Termasuk kalau itu tadi apakah ada ancaman dan sebagainya. Itu juga jadi pertanyaan kami, termasuk juga sekuen yang paling dekat dengan jam kematian yang kami tanya bagaimana dengan situasi dan sebagainya," kata Anam.(*)