ADVERTISEMENT

Zigath, Komunitas Pecinta Zippo Club Indonesia

Senin, 4 Juli 2022 12:59 WIB

Share
Komunitas Zippo Indonesia saat Gathering. (foto: ist)
Komunitas Zippo Indonesia saat Gathering. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KOMUNITAS Zippo Indonesia sebagaimana komunitas lainnya, tentu hanya berisi bagi pengemar zippo seluruh Indonesia, tempat berbagi, memberi info seputar zippo dan sebagai wadah siraturahmi sesama anggota. 

Zigath adalah klub yang menaungi para penggemar korek api bermerk Zippo, yang diproduksi oleh Zippo Manufacturing Company, di Bradford, Amerika. Sebagai sebuah komunitas, Zigath telah dicatatkan di Kementerian Hukum dan HAM.

"Zigath mendeklarasikan diri sebagai organisasi yang mengusung semangat Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun berbeda-beda asal-usul dan latar belakang anggotanya namun tetap satu jua. Persinggungan yang dilatarbelakangi suku, agama, ras dan antar golongan diharamkan di komunitas ini. Hal tersebut secara tegas mereka tuangkan dalam konstitusi dan AD/ART Zigath," kata Humas Zigath, Andre Blus.

Anadre menjelaskan, sebelum berganti menjadi Zigath, komunitas penggemar Zippo di Indonesia dikenal dengan nama ID-Zippo. Dirintis sejak 2010-an melalui forum diskusi di Kaskus, ID-Zippo akhirnya dideklarasikan secara online pada 11 Februari 2011. Para pendirinya antara lain Subhan Toba (Tangerang), Albert L. Hasibuan (Jakarta), Dedi Sutjiatmadja (Jakarta), Dwi Heri Istiaronie (Bandung), Bambang Setyawan (Bali), serta Chandra Setiawan (Surabaya). Subhan Toba dipercaya menjadi ketua pertama ID-Zippo.

Layaknya sebuah organsaisi, komunitas ini juga mengalami pasang-surut. Dalam catatan yang ditulis Subhan Toba, ID-Zippo bahkan sempat mengalami kevakuman aktivitas organisasi. Seiring dengan mewabahnya tren digital media sosial semangat dan antusiasme para penggemar Zippo kian terkerek naik.           

"Kondisi ini menguatkan cita-cita untuk bisa mempersatukan mereka yang berserak di berbagai kota. Pada 2014, misalnya, komunitas Zippo di Bandung menggelar sebuah acara halal bi halal. Acara ini sukses, penuh sesak dihadiri para penggemar Zippo," beber Andre. (rizal)

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT