ADVERTISEMENT

Suksekan FIBA Asia Cup 2022, PLN Suplai Energi Hijau ke Istora Senayan Jakarta

Rabu, 29 Juni 2022 21:36 WIB

Share
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan saat inspeksi keandalan pasokan listrik untuk gelaran FIBA Asia Cup 2022. (ist)
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan saat inspeksi keandalan pasokan listrik untuk gelaran FIBA Asia Cup 2022. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID  - PLN siap memasok energi hijau untuk ajang bergengsi Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) Asia Cup yang akan berlangsung pada 12-24 Juli 2022 di Istora Senayan Jakarta.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan, mengungkapkan pihaknya menjamin energi hijau yang dipakai dalam perhelatan bergengsi tersebut dengan produk Renewable Energy Certificate (REC). Dimana Energi yang digunakan berasal dari pembangkit listrik berbasis energi terbarukan (EBT) yang diaudit oleh sistem tracking internasional, APX TIGRs yang berlokasi di California, USA.

Sehingga penyelenggara event  dapat membuktikan eksistensinya dalam berkontribusi mengurangi emisi karbon dengan menggunakan energi yang berasal dari pembangkit EBT di Indonesia.

Adapun ada tiga lokasi yang menjadi prioritas PLN menyuplai gelaran bergengsi FIBA Asia Cup ini. Yaitu yaitu Istora Senayan, Hall Basket Senayan, dan GBK Arena. “Tidak hanya lokasi pertandingan dan latihan, Hotel Fairmont dan Hotel Santika Slipi pun tidak luput menjadi prioritas penjagaan PLN yang digunakan untuk penginapan atlet,” ungkap Doddy, Rabu (29/6/2022).

Sebagai perkuatan keandalan, PLN menyiapkan Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan total daya sebesar 1.300 KVA dan Unit Gardu Bergerak (UGB) dengan total daya sebesar 2.000 KVA. “Sebanyak 399 personel kami kerahkan untuk menjaga keandalan mulai dari pengatur operasi, pembangkitan, transmisi gardu induk, dan distribusi,” imbuhnya.

Pasokan listrik Jakarta disuplai dari enam subsistem dengan total kapasitas 8.120 MW. “Saat ini cadangan pasokan listrik masih 34 persen sehingga sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik event-event di Jakarta,” tandas Doddy.

Terkait kebutuhan listrik yang ramah lingkungan, pelanggan dapat melakukan pembelian REC PLN, baik untuk individu maupun korporasi, melalui website https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate.

Sekedar diketahui FIBA Asia Cup 2022 akan diikuti 16 tim yang sudah lolos Kualifikasi FIBA Asia Cup. Indonesia merupakan tim pertama yang mengunci satu tempat di FIBA Asia Cup 2022 sebagai tuan rumah penyelenggara kompetisi, yang akan membawa harum nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

Sebelum FIBA Asia Cup dimulai tanggal 12 Juli 2022, awal Juli akan diawali dengan Qualifikasi FIBA World Cup yang diselenggarakan pada tanggal 1 Juli dan 4 Juli 2022. 

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT