KIB Optimistis Menangkan Pemilu 2024, Begini Penjelasan Pengamat Politik Adi Prayitno

Rabu, 29 Juni 2022 20:51 WIB

Share
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno. (ist)
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Jelang Pilpres 2024, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) optimistis memiliki peluang untuk memenangkan pemilu.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai KIB memiliki peluang untuk memenangkan Pemilu 2024.

Ia menuturkan, kemenangan KIB di pemilu mendatang bukan ditentukan pada kekuatan figur yang mereka miliki.

Menurut Adi, kekuatan KIB justru terletak pada kerja-kerja lintas sektoral dan struktur yang mereka miliki.

Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dinilai memiliki mesin politik yang bagus pada struktur organisasi mereka.

"Anatomi kekuatan politiknya (KIB) bukan pada figur, tetapi pada kerja-kerja lintas sektoral, dan kerja-kerja struktur," tutur Adi dalam keterangan, Rabu (29/6/2022).

Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menambahkan perolehan suara KIB bisa meningkat dua kali lipat jika mesin politik ketiga anggota partai bekerja secara masif.

Terlebih, baik Golkar, PAN, dan PPP memiliki basis pemilih yang berbeda.

Golkar memiliki pangsa pasar nasionalis, PAN berpotensi mendulang suara melalui massa Muhammadiyah, sementara PPP bisa mengamankan basis massa dari kalangan Nahdliyin.

Adi menuturkan, gabungan ketiga parpol KIB berdasarkan perolehan suara pada Pileg 2019 lalu sebesar 23,67 persen (hampir 24 persen) atau sebanyak 33.125.559 suara. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar