ADVERTISEMENT

Bahrain, Diplomat Israel Bertemu Pejabat Dari 4 Negara Arab

Selasa, 28 Juni 2022 15:00 WIB

Share
Bendera Bahrain dan Israel
Bendera Bahrain dan Israel

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BAHRAIN, POSKOTA.CO.ID - Bahrain menjadi tuan rumah dan pertemuan pejabat empat negara Arab dengan diplomat Israel dan Amerika Serikat.

Pejabat Israel menyatakan bahwa diplomat Amerika Serikat, Israel, dan empat negara Arab bertemu di Bahrain pada Senin (27/6/2022) menurut laporan El Nasra.

Empat pejabat negara Arab tersebut berasal dari Kementerian Luar Negeri Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Maroko yang melakukan normalisasi hubungan dengan Israel pada 2020 dan Mesir yang mencapai kesepakatan damai dengan Tel Aviv pada 1979.

Mereka melangsungkan perundingan di Manama ini menurut sumber ini.

Kementerian Luar Negeri dari negara-negara yang berkompromi ini untuk pertama kalinya bertemu di Negev pada bulan Maret lalu. Yang dalam pertemuan tersebut juga dihadiri Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Perjanjian damai antara Bahrain dan Israel ditandatangani tiga tahun lalu dengan mediasi Presiden AS Donald Trump saat itu.

Negara kecil Arab di Teluk Persia ini mengumumkan secara terbuka hubungan rahasia dengan Tel Aviv selama beberapa tahun.

UEA juga bersama Bahrain dan dengan dukungan Donald Trump, menandatangani perjanjian damai dengan Israel pada September 2020 di Washington.

Ini disusul Maroko yang melakukan normalisasi hubungannya dengan Israel dengan mediasi AS pada 10 Desember 2020.

Hal ini kemudian menuai protes dan kecaman luas karena dinilai berkhianat terhadap cita-cita Palestina. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT